Sukses

Solusi Buya Yahya untuk Perbaiki Usaha Mencari Rezeki, Mudah Dilakukan

Ulama kharismatik KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya yahya memberikan solusi kepada umat Islam untuk memperbaiki usaha mencari rezeki.

Liputan6.com, Jakarta - Manusia pada umumnya berusaha mencari rezeki untuk mencukupi kehidupannya. Namun, ada sebagian orang yang kesulitan dalam menghasilkan rezeki tersebut, meskipun dengan kerja keras yang maksimal.

Ulama kharismatik KH Yahya Zainul Ma’arif (Buya yahya) memberikan solusi kepada umat Islam untuk memperbaiki usaha mencari rezeki. Mengutip YouTube Al Bahjah TV,  Buya Yahya menjelaskan bahwa dalam usaha mencari rezeki itu ada dua cara, yakni usaha dzahir dan batin.

“Kita sering mendahulukan usaha dzahir, usaha menyelesaikan apa saja, termasuk usaha masalah keuangan. Berusaha dzahir tanpa bathin gak sempurna, tidak akan mendapatkan apa apa. Usaha batin tanpa usaha dzahir (tidak akan mendapat apa apa). Setiap malam hanya berdoa saja, 'Ya Allah berikan rezeki', sholat malam (tapi) tak kerja, tak (akan) dapat duit dia," kata Buya Yahya dikutip Kamis (8/7/2024).

Buya Yahya tidak membenarkan cara orang yang hanya berusaha dzahir saja, hanya mengandalkan kehebatan dzahirnya saja, namun lupa kepada Allah.

"Ini yang menjadi masalah besar karena kita sering lupa kepada Allah. Ini (lupa kepada Allah) tak pandang (orang), seorang pengusaha, seorang ustadz pun kadang lupa kepada Allah," jelas Buya Yahya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan Lupakan Allah

Buya Yahya mengingatkan, usaha sekeras apapun, yang didapatkan pasti sesuai apa yang Allah tentukan, tidak akan lebih. Tetap berusaha, tapi jangan jauh dengan Allah.

"Maka dari itu, pengen cari solusi tentang keuangan, tapi sholatnya ditinggal, wah ini cari sengsara, kalau pun dapat dunia, hilang akhiratnya, lebih rugi dia. Yang lebih sengsara lagi, ada seorang punya usaha dunia, serius, tapi dia lupa kepada Allah, tak sholat jumat, (tapi) sukses (usahanya), berarti dia telah didaftarkan di neraka yang paling dalam," jelas buya yahya

Rezeki tidak hanya tentang uang, kesehatan juga termasuk rezeki. Muslim diberi sehat maka patut disyukuri, karena kesehatan itu lebih dari sekedar materi.

3 dari 3 halaman

Usaha Diiringi Doa

Buya Yahya mengisahkan seorang ibu yang berusaha agar anaknya yang sakit segera sembuh. Ibu itu langsung membawa anaknya ke rumah sakit dan dan meminta resep obat agar segera sembuh.

"Cuman saya pengen tahu, hei ibu yang sholehah, siapa di antara kita yang di saat anaknya sakit, sebelum pergi ke dokter, mengambil air wudhu lalu sholat dua rakaat, memohon kepada Allah. 'Ya Allah berikan kesembuhan untuk anakku’. Ayo tanyakan (kepada diri sendiri) kita sering lupa kepada Allah," tutur Pengasuh LPD Al Bahjah ini.

"Maka tetaplah usaha dzahir, tapi jangan lupa usaha batin. Semakin dekat kepada Allah, jangan sampai kita meninggalkan sholat. Allah yang memberikan solusi, Allah yang memberikan jalan," pungkas Buya Yahya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.