Sukses

7 Keutamaan Bersedekah di Hari Jumat, Insya Allah Rezeki Lancar dan Hidup Tenang

Bersedekah di hari Jumat memiliki sejumlah keutamaan. Manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh penerima sedekah, tetapi juga memberikan banyak kebaikan dan keberkahan bagi yang mengamalkannya.

Liputan6.com, Jakarta - Di antara banyaknya amalan sunnah yang dianjurkan dalam Islam salah satunya adalah sedekah. Selain bernilai ibadah, sedekah juga mengajarkan kita akan pentingnya berbagi dan membantu kepada sesama.

Allah SWT berfirman dalam QS. saba' ayat 39 tentang anjuran bersedekah:

قُلْ اِنَّ رَبِّيْ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ وَيَقْدِرُ لَهٗ ۗوَمَآ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهٗ ۚوَهُوَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Katakanlah: “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik.

Namun, mungkin masih banyak yang beranggapan jika sedekah hanya terbatas pada materi atau harta. Namun, sedekah juga bisa berupa senyuman, bantuan tenaga, bahkan doa.

Sedekah memiliki keutamaan luar biasa terlebih jika dilakukan pada hari Jumat, yang dikenal sebagai hari paling mulia dalam Islam. Berikut adalah 7 keutamaan bersedekah di hari Jumat sebagaimana dirangkum dari laman dream.co.id.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Pahala yang Dilipatgandakan

Hari Jumat adalah hari yang penuh berkah dalam Islam. Rasulullah saw bersabda bahwa pahala amal kebaikan yang dilakukan pada hari ini akan dilipatgandakan.

Sedekah termasuk dalam amal kebaikan yang mendapatkan pahala berlipat ganda pada hari Jumat.

2. Menghapus Dosa

Bersedekah dapat menghapus dosa-dosa kecil. Rasulullah saw bersabda: “Sedekah itu memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api.”

Melakukan sedekah di hari Jumat memberikan kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

3. Meningkatkan Keberkahan Hidup

Sedekah membawa keberkahan dalam hidup, baik dalam hal rezeki, kesehatan, dan kebahagiaan. Keberkahan ini akan lebih terasa ketika dilakukan di hari Jumat, yang memang memiliki keberkahan khusus menurut ajaran Islam.

3 dari 3 halaman

4. Memperkuat Silaturahmi

Bersedekah dapat memperkuat tali silaturahmi dan hubungan sosial. Pada hari Jumat, banyak Muslim berkumpul untuk sholat Jumat, sehingga memberikan sedekah pada hari ini bisa membantu mereka yang membutuhkan dan mempererat hubungan dalam komunitas.

5. Menjadi Penyebab Doa Dikabulkan

Salah satu waktu mustajab untuk berdoa adalah hari Jumat. Dengan bersedekah, seseorang dapat memperbesar peluang doanya dikabulkan oleh Allah SWT, karena sedekah adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan.

6. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Sedekah adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Melakukan sedekah di hari Jumat, yang merupakan hari yang istimewa dalam Islam, dapat memperkuat hubungan spiritual dengan Sang Pencipta.

7. Menghadirkan Ketenangan dan Kesejukan Hati

Bersedekah pada hari Jumat dapat memberikan ketenangan dan kesejukan hati. Merasakan kebahagiaan dan kepuasan batin karena bisa membantu orang lain pada hari yang penuh berkah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.