Sukses

Top 3 Islami: Baca Al-Fatihah dalam Hati Apakah Sholatnya Sah? Tak Usah Khawatir Hadapi Masalah Seberat Apapun Kata Buya Yahya

Penjelasan Buya Yahya mengenai sah tidaknya sholat dengan membaca surah Al-Fatihah dalam hati menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Kamis (8/8/2024)

Liputan6.com, Jakarta - Ada syarat dan rukun yang menentukan keabsahan atau sah dan tidaknya sholat. Sementara, salah satu rukun sholat adalah membaca surah Al-Fatihah.

Banyak yang bertanya, apakah apabila membaca Al-Fatihah dalam hati, apakah sholatnya sah?

Penjelasan Buya Yahya mengenai sah tidaknya sholat dengan membaca surah Al-Fatihah dalam hati menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Kamis (8/8/2024).

Artikel kedua terpopuler yaitu Buya Yahya yang menyarankan agar orang tidak khawatir menghadapi masalah seberat apapun.

Sementara, artikel ketiga yaitu amalan terbaik di malam dan hari Jumat yang diungkap Syekh Ali Jaber.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Membaca Al-Fatihah dalam Hati Apakah Sholatnya Sah? Ini Kata Buya Yahya

Membaca Al-Fatihah termasuk salah satu rukun sholat. Jika tidak membaca Al-Fatihah, maka sholatnya tidak sah.

Banyak yang belum paham tentang kecukupan suara bacaan Al-Fatihah dalam sholat. Sah kah sholatnya seseorang jika membaca Al-Fatihah-nya di dalam hati? Pertanyaan seperti ini pernah ditanyakan oleh seorang jamaah dalam kajian Buya Yahya.

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ulama kharismatik yang bernama asli KH Yahya Zainul Ma’arif ini menerangkan, dalam sholat terdapat tiga bagian rukun sholat.

Pertama adalah rukun qolbi, yaitu niat. Kedua adalah rukun qauli, yaitu takbiratul ihram, baca Al-Fatihah, tasyahud akhir, sholawat kepada Rasulullah ketika tasyahud akhir, dan terakhir baca salam.

Bagian rukun sholat yang ketiga ialah rukun fi'li, yaitu berdiri (untuk orang yang kuat berdiri) seperti rukuk, i'tidal, dua sujud, duduk di antara dua sujud, dan duduk ketika tasyahud akhir.

Soal ini, Kh Yahya Zainul Maarif (Buya Yahya) menjelaskannya dengan detail.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Punya Masalah Seberat Apapun Tak Usah Khawatir, Ini Nasihat Menyejukkan Buya Yahya

Pengasuh Ponpes Al-Bahjah, Cirebon, KH Yahya Zainul Ma’arif (Buya Yahya) memberikan nasihat menyejukkan untuk siapa saja yang sedang memiliki masalah yang besar.

Bahkan Buya Yahya menandaskan bahwa masalah seberat apapun bisa terlewati jikalau kita melakukan hal ini.

Buya Yahya juga mengingatkan bahwa sejatinya masalah itu sebagai salah satu bentuk ujian Allah kepada manusia yang akan mengangkap derajat seseorang.

“Siapapun yang punya masalah besar seperti apapun kita mengingat Allah yang Maha Kuasa,” terangnya dikutip dari tayangan YouTube Short @al-Bahjah TV, Rabu (07/08/2024).

“Bahwasanya tiada ujian yang Allah berikan kepada seorang hamba, kecuali karena Allah ingin mengangkat hamba tersebut,” imbuhnya.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Amalan Terbaik di Malam dan Hari Jumat Menurut Syekh Ali Jaber

Mengutip video pendek yang tayang dan diunggah di laman Youtube kanal @petuahchik Syekh Ali Jaber semasa hidupnya pernah memberikan penekanan khusus pada amalan yang dilakukan pada malam dan hari Jumat.

Syekh Ali Jaber menegaskan pentingnya memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam selama waktu tersebut.

Syekh Ali Jaber menjelaskan bahwa amalan yang paling indah dan sempurna di malam Jumat serta hari Jumat adalah dengan bersholawat sebanyak-banyaknya kepada Nabi Muhammad SAW.

“Amalan yang terindah dan terbaik di malam Jumat serta hari Jumat hingga adzan Maghrib adalah sebanyak-banyaknya bersholawat kepada Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam,” ungkap Syekh Ali Jaber.

Menurut Syekh Ali Jaber, waktu malam Jumat hingga menjelang maghrib di hari Jumat adalah waktu yang sangat istimewa untuk meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah.

“Sholawat yang kita bacakan akan membawa kita lebih dekat dengan Nabi dan mendapatkan keberkahan dari Allah,” tambahnya.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.