Sukses

Siksa Sakaratul Maut untuk Orang yang Melalaikan Sholat, Begini Nasibnya di Alam Barzakh

Perkara-perkara yang termasuk melalaikan sholat dan siksaan yang akan diterima oleh pelakunya baik ketika di dunia, sakaratul maut, bahkan hingga alam kubur.

Liputan6.com, Jakarta - Sholat adalah serangkaian ibadah khusus bagi umat Islam yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Sholat merupakan dasar keimanan seseorang sehingga disebut sebagai tiang agama.

اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Artinya: "Sungguh, sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman" (QS. An-Nisa': 103)

Namun, sholat bukanlah sekedar memenuhi kewajiban. Terdapat rukun dan ketentuan yang harus benar-benar dipahami dan diperhatikan.

Sebab, celakalah bagi mereka yang dengan sengaja melalaikan apalagi meninggalkan sholat. Melansir dari laman islampos.com, berikut adalah 3 perkara yang termasuk melalaikan sholat dan siksaan yang akan diterima.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3 Perkara Melalaikan Sholat

Terdapat tiga bagian orang yang termasuk dalam melalaikan sholatnya, yakni :

1. Orang yang menunda sholat dari awal waktunya sehingga mengakhirkan sampai waktu yang terakhir dan hampir mau habis.

2. Orang yang tidak melaksanakan rukun sholat dan syarat sah wajib sholat sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah SWT dan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

3. Orang yang tidak khusyuk dalam sholat dan tidak memaknai bacaan ketika sholat.

3 dari 4 halaman

Siksaan Akibat Dosa Melalaikan dan Meninggalkan Sholat

Selain mendapatkan dosa akibat meninggalkan dan melalaikan sholat, orang tersebut juga akan mendapatkan siksa di dunia, ketika sakaratul maut, dan ketika di alam barzah. 

Siksa di dunia: Allah SWT akan menghilangkan dan mengambil rezekinya, serta akan mencabut cahaya dari wajahnya, dan orang-orang beriman akan membencinya.

Siksa ketika sakaratul maut : ruhnya dicabut saat mengalami keadaan yang sangat haus, ruhnya akan dicabut dengan cara yang teramat buruk (Su’ul Khatimah), akan merasakan kesakitan yang teramat pedih ketika dicabut nyawa, dan akan merasakan keresahan dan kegelisahan karena hilang imannya.

Siksa ketika di alam barzah : akan merasakan kesulitan dalam menjawab pertanyaan dan mendapatkan hukuman yang mengerikan dari Malaikat Mungkar dan Nakir, akan digelapkan dalam kuburnya, disepitkan kuburnya, dan akan mendapat siksaan dari binatang berbisa seperti ular, kalajengking, lipan.

4 dari 4 halaman

Kufur Nikmat

Jika berani meninggalkan sholat berarti kita sudah lupa terhadap Allah SWT dan kufur atas segala nikmat yang telah Dia berikan kepada kita setiap harinya.

Betapa sombongnya diri ini jika kita tidak melaksanakan sholat dan merasa sangat terpaksa sekali dalam melakukan sholat. Padahal di dalam sholat itu sendiri terdapat banyak manfaat yang diperoleh baik secara jasmani dan rohani.

Apa sulitnya meluangkan waktu yang kita miliki untuk berhungan dengan Sang Pencipta. Tenang hati ini jika sudah berkomunikasi dengan Allah SWT.

Maka dari itu jadikanlah sholat sebagai kebutuhan kita terhadap Allah, bukan sebagai suatu keterpaksaan di dalam dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.