Sukses

Sering Dipahami Keliru? Ini Perbedaan Sedekah dan Amal Jariyah

Terdapat perbedaan antara sedekah dan amal jariyah. Namun, keduanya termasuk ibadah yang dianjurkan dalam islam dan berdampak pada kehidupan sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Islam tidak hanya berisi ajaran tentang keibadahan. Lebih luas lagi, Islam juga mengajarkan untuk melakukan ibadah-ibadah yang memberikan kebermanfaatan secara sosial.

Ada banyak amalan yang tidak hanya bernilai ibadah namun juga bernilai sosial. Di antaranya adalah sedekah dan amal jariyah.

Pemahaman sederhana di masyarakat, bahwa sedekah merupakan sesuatu yang identik dengan pemberian harta. Sedangkan, amal jariyah adalah mendermakan sesuatu yang bermanfaat dalam jangka waktu panjang serta memberikan pahala yang langgeng.

Pengetahuan seperti inilah yang pada umumnya dipahami oleh masyarakat. Perbedaan antara keduanya terletak pada kebermanfaatan barang yang didermakan serta pahala yang didapat.

Biasanya amal jariyah dipahami sebagai amal yang pahalanya langgeng, sedangkan sedekah tidak. Namun, benarkah pemahaman demikian? Berikut penjelasannya melansir dari laman merdeka.com.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengertian dan Jenis-Jenis Sedekah

Dalam Islam, sedekah terdiri dari tiga kategori:

1) sedekah materi

2) sedekah nonmateri

3) sedekah jariyah.

Sedekah materi adalah sebuah amal atau perbuatan yang mendermakan sebagian hartanya dalam bentuk materi. Sedekah materi inilah yang selama ini dipahami oleh umat Islam, khususnya di Indonesia.

Beberapa contoh sedekah jenis ini seperti mendermakan uang kepada orang yang membutuhkan, menyediakan makanan dan minuman untuk orang yang berpuasa, dan sebagainya.

Jika umat Islam ditanya tentang pengertian sedekah, maka jawabannya pasti adalah jenis sedekah materi ini.

Ada juga sedekah dalam bentuk nonmateri. Sedekah ini tidak mengharuskan umat Islam untuk mendermakan sebagian harta-benda miliknya sebagaimana di atas. Sedekah jenis ini bisa dalam bentuk pemikiran, perbuatan, ajakan, dan sebagainya.

Hadis Nabi Muhammad saw sekiranya dapat memperjelas jenis sedekah ini. Nabi saw. bersabda: Dari Abi Dzar, ia berkata, Rasulullah saw. bersabda,

"Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah, perintahmu kepada berbuat baik dan mencegah kemungkaran adalah sedekah, petunjukmu kepada seseorang yang tersesat adalah sedekah, menuntunmu kepada orang yang kabur penglihatannya adalah sedekah, kamu menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan (yang dapat membahayakan pengguna jalan) adalah sedekah, dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu adalah sedekah." (HR. Al-Tirmidzi) 

3 dari 3 halaman

Amal Jariyah

Sementara sedekah jariyah didefinisikan sebagai sedekah yang pahalanya langgeng karena sesuatu yang disedekahkan memiliki manfaat dalam jangka waktu panjang.

Selama hal yang disedekahkan itu bermanfaat, maka pahalanya akan terus sampai kepada sang pemberi sedekah.

Contohnya adalah mendermakan mobil ambulans. Selama mobil itu masih digunakan dan bermanfaat, maka sang pemberi akan terus mendapatkan pahala.Sedekah jenis inilah yang dipahami umat Islam selama ini sebagai amal jariyah. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW:

Dari Abu Hurairah r.a., bahwasannya Rasulullah saw. bersabda, "Jika manusia meninggal dunia, maka terputus amalnya kecuali tiga, yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannya." (HR. At-Tirmidzi). 

Mengacu pada penjelasan ini dapat diambil kesimpulan mengenai perbedaan sedekah dan amal jariyah. Sedekah adalah perbuatan mendermakan sesuatu, bisa dalam bentuk materi maupun nonmateri. Sedekah ada yang pahalanya tidak langgeng, ada juga yang langgeng.

Sedekah yang pahalanya langgeng ini disebut sebagai sedekah jariyah atau amal jariyah. Jadi, amal jariyah atau sedekah jariyah adalah salah satu jenis sedekah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.