Sukses

4 Gaya Hijab yang Dilarang Syariat, Hindari agar Tak Berbuntut Maksiat

Mengenakan hijab merupakan kewajiban sekaligus identitas diri seorang muslimah. Namun, penting untuk memperhatikan bagaimana cara berhijab dan berbusana yang sesuai dengan syariat islam.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini, tren fashion wanita berkembang sangat pesat. Termasuk tren hijab di kalangan muslimah.

Perlu dipahami, bahwa menutup aurat merupakan kewajiban bagi setiap muslimah. Aurat wanita yang wajib ditutupi adalah seluruh tubuhnya kecuali bagian wajah dan telapak tangan.

Sehingga, seorang muslimah hendaknya mengenakan hijab yang dapat menutupi aurat kepalanya dengan sempurna. Kemudian, memilih busana yang tak memperlihatkan lekuk tubuh.

Kendati demikian, tren hijab saat ini semakin bervariasi sekaligus menjadi polemik. Oleh karena itu, penting bagi seorang muslimah untuk memperhatikan bagaimana cara berhijab dan berbusana sesuai dengan syariat Islam bukan sekedar mengikuti tren fashion.

Mengutip dari laman dream.co.id, berikut ini beberapa gaya hijab yang tidak diperbolehkan oleh syariat dan dapat menimbulkan dosa.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Hijab dengan Bahan Tipis Bahkan Transparan

Memakai hijab dengan bahan tipis memang terlihat modis, bahan ini sangat cocok bagi para muslimah yang berada di daerah yang panas. Sehingga rasa panas tidak begitu membunuh mereka.

Namun, jilbab dengan bahan inilah yang justru membuat dosa. Rasulullah SAW menyebut model busana ini dengan sebutan “berpakaian tapi telanjang”.

Sudah jelas bahwa model hijab ini salah, berhijab untuk menutupi aurat, tetapi kenapa malah mengumbar aurat.

3 dari 5 halaman

2. Hijab Seksi Ketat

Muslimah diwajibkan memakai hijab agar menutupi kulit serta lekuk tubuh yang menggoda para kaum adam. Namun, kini para muslimah seakan-akan mengacuhkan ketentuan itu.

Mereka memang berhijab sesuai perintah, tetapi lekuk-lekuk tubuh mereka masih saja terlihat. Bahkan sebagian dari muslimah tersebut berhijab hanya untuk menonjolkan lekuk tubuh mereka.

Hal seperti inilah yang menambah isi dompet dosa mereka. Sesungguhnya Islam telah mengajarkan menutup bukan membalut.

4 dari 5 halaman

3. Hijab Mirip Pakaian Lelaki

Terdapat berbagai macam model pakaian wanita yang identik dengan pakaian laki-laki. Misalnya adalah celana jins dan kaos lengan panjang. Namun, pakaian-pakaian tersebut tidak jarang juga dipakai oleh para muslimah.

Walaupun mereka memakai hijab, namun hijabnya tidak menjuntai hingga dada. Terlebih lagi dipadu dengan kaos lengan panjang serta celana jeans.

Seperti seorang laki-laki yang memakai kerudung. Gaya seperti ini tidak boleh dipraktekkan oleh para muslimah. Karena gaya seperti ini adalah dosa bagi para muslimah. Seperti yang tertera dalam Al-Qur'an surah An-Nur ayat 31.

5 dari 5 halaman

4. Hijab Menyerupai Wanita Kafir

Zaman memang sudah berkembang, begitu juga dengan model-model berbusana. Namun, peraturan tidak lah berubah sedikitpun.

Begitu halnya peraturan berhijab. Para muslimah hendaknya benar-benar mengetahui bagaimana tata cara berhijab yang benar.

Sebab, hal yang paling membuat dosa adalah salah pengertian tentang berhijab. Sebagai contoh apabila mereka berhijab tetapi membuat seperti wanita kafir.

Seperti berhijab namun pahanya masih jelas terlihat, berhijab namun dada tetap dipamerkan. Dengan demikian, berhijab justru membuat mereka semakin berdosa saja. Jadi, pelajarilah peraturan-peraturannya terlebih dahulu sebelum bertindak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.