Sukses

Mau Nama Kita Dikenal oleh Rasulullah Kelak? Amalkan Ini Kata Syekh Ali Jaber

Terkait fadhilah sholawat yang lain, ulama asal Madinah Syekh Ali Jaber semasa hidupnya pernah menerangkan keutamaan sholawat yang diamalkan setiap hari. Simak penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sholawat kepada Rasulullah SAW merupakan amalan orang-orang sholeh yang patut kita teladani. Dalam Al-Qur’an diterangkan bahwa Allah dan malaikat-Nya juga bersholawat kepada nabi.

Tentang sholawat, banyak ulama menjelaskan soal fadhilah atau keutamaan bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Salah satunya Sayyid Bakri bin Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyathi dalam kitab Kifayatul Atqiya wa Minhajul Ashfiya

  اخواني أكثروا من الصلاة على هذا النبي الكريم فإن الصلاة عليه تكفر الذنب العظيم وتهدي إلى الصراط المستقيم وتقي قائلها عذاب الجحيم ويحظي في الجنة بالنعيم المقيم

Artinya: “Wahai para sahabatku, perbanyaklah membaca sholawat untuk nabi mulia ini. niscaya sholawat itu menghapus dosa besar, menunjuki ke jalan lurus, melindungi orang yang membacanya dari siksa neraka jahim.” (Dilansir via NU Online)

Jika sering melaksanakan sholat, sebetulnya di dalamnya sudah ada sholawat. Secara tidak langsung dia telah bersholawat kepada nabi. Namun sebaiknya bacaan sholawat juga mengamalkan di luar sholat.

Terkait fadhilah sholawat yang lain, ulama asal Madinah Syekh Ali Jaber semasa hidupnya pernah menerangkan keutamaan sholawat yang diamalkan setiap hari. Simak penjelasannya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Syafaat Rasulullah SAW

Dalam unggahan YouTube Muslim-Saluran Dakwah, Syekh Ali Jaber mengatakan bahwa orang-orang yang bersholawat kepada Rasulullah SAW dalam satu hari sedikitnya sepuluh kali bersholawat, maka orang tersebut akan mendapatkan syafaat Rasulullah SAW.

Orang yang senantiasa bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW di hari kiamat nanti akan dekat dengan Rasulullah SAW.

"Rasul bersabda, 'Aqrabukum minni majlisan yaumal qiyamah, aktsarum alayya solaatan.' Orang yang paling dekat kepadaku hari kiamat, (ialah) yang paling banya sholawat kepadaku (Rasul)," demikian disampaikan Syekh Ali Jaber.

3 dari 3 halaman

Baca Sholawat jika Ingin Dikenal Nabi

Syekh Ali Jaber menambahkan, dengan bersholawat juga nama yang membacanya akan dikenal oleh Rasulullah SAW. Sebab, setiap sholawat akan dihantarkan kepada Rasulullah SAW.

"Jadi jemaah sekalian, kita mencintai Rasul, kita bukan hanya duduk di majelis (saja) untuk kita bersholawat, (lalu) lepas majelis kita tidak bersholawat lagi, yang semestinya cinta Rasul, setiap hari kita bersholawat, cinta Rasul, setiap hari dalam kehidupan kita ada maulid,” kata Syekh Ali Jaber. 

Bacaan Sholawat Pendek

Bacaan sholawat itu banyak, di antaranya ada sholawat Nariyyah, sholawat Munjiyat, sholawat Ibrahim, dan masih banyak lagi. Bacaan sholawat yang ringkas dan mudah diamalkan yaitu sholawat Jibril.

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Shollalahu a'la Muhammad.

Artinya: "Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad."

Wallahu a’lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.