Sukses

Arti Mimpi Hamil dan Melahirkan Menurut Islam, Pertanda Apa?

Mimpi bisa jadi bukan hanya sekadar bunga tidur. Namun juga memiliki sejumlah makna, seperti arti mimpi hamil dan melahirkan menurut islam.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang mengatakan jika mimpi adalah bunga tidur. Mimpi biasanya nerupakan refleksi dari hal-hal yang dipikirkan dan diharapkan oleh seseorang.

Setiap orang pasti pernah mengalami mimpi. Namun, dalam Islam mimpi bisa jadi berasal dari syaitan atau sebagai petunjuk dari Allah.

Misalnya mimpi hamil dan melahirkan. Di dunia nyata, hamil dan melahirkan merupakan pengalaman mengesankan bagi seorang ibu.

Perjuangan seorang ibu untuk dapat melahirkan anaknya tentu melalui proses kehamilan yang cukup panjang, bahkan hingga mempertaruhkan nyawa.

Namun, jika hal itu terjadi dalam mimpi, baik perempuan atau pun laki-laki bisa saja memimpikan hal tersebut. Berkaitan dengan itu, sejumlah ulama mengutarakan pendapatnya terkait arti yang terkandung dalam mimpi tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arti Mimpi Hamil

Mengutip dari laman NU Online, satu di antara banyaknya ulama yang mengutarakan pendapatnya terkait arti yang terkandung dalam mimpi hamil dan melahirkan adalah Syekh Abu Bakar Al-Ihsa'i yang menjelaskannya dalam kitab Jâmi’u Tafâsiril Aḫlâm, sebagaimana berikut: 

وَأما الْحمل فَهُوَ للْمَرْأَة زِيَادَة المَال وللرجل حزن

Artinya: "Adapun mimpi hamil jika dialami oleh perempuan maka [kemungkinan] menjadi pertanda bertambahnya harta. Bagi laki-laki, mimpi tersebut [kemungkinan] menjadi pertanda datangnya kesedihan.” (Syekh Abu Bakar Muhammad bin Umar al-Ihsa'i, Jâmi’u Tafâsiril Aḫlâm [Riyadh: Maktabah Al-Mulk Fahd Al-Wathoniyyah, 1426] halaman 239).

Namun demikian, kata Al-Ihsa'i, sebagian ulama tidak membedakan laki-laki dan perempuan terkait mimpi hamil. Seseorang yang bermimpi hamil, baik laki-laki maupun perempuan, bisa menjadi kabar gembira karena mimpi tersebut merupakan pertanda akan datangnya nikmat dan harta.

Seorang anak laki-laki yang belum baligh dan bermimpi hamil, arti mimpi tersebut ditujukan untuk ayahnya. Begitu pun anak perempuan, jika dia mengalami mimpi hamil, arti mimpi itu ditujukan untuk ibunya. Adapun seorang suami, jika saat tidur mengalami mimpi istrinya hamil, itu menandakan bahwa orang tersebut sedang mengharapkan sesuatu yang bersifat duniawi.

Sebagian ulama berpendapat, baik laki-laki atau perempuan yang bermimpi hamil, hal itu menjadi pertanda kebaikan dalam kondisi apa pun. Sementara itu, jika seseorang mimpi melihat binatang hamil, terlebih binatang yang ia sukai, maka mimpi ini menjadi pertanda datangnya manfaat dan kebaikan.

3 dari 3 halaman

Arti Mimpi Melahirkan

Mimpi melahirkan seorang anak perempuan menjadi pertanda datangnya beragam kebaikan. Sebaliknya, mimpi melahirkan anak laki-laki menjadi pertanda buruk, pasalnya mimpi tersebut diartikan dengan duka yang mendalam dan akan mendapat ujaran kebencian, bahkan terkadang diartikan sebagai tanda datangnya kematian.

Pendapat lain mengatakan, mimpi melihat istri atau anak gadisnya melahirkan seorang anak laki-laki, hal ini tergantung pada situasi di alam nyata. Jika ternyata benar-benar hamil, akan lahir seorang anak perempuan dari rahimnya. Jika ternyata tidak hamil, artinya dia akan mendapat kesempitan namun tidak lama kemudian berubah menjadi kelapangan.

Bagi orang hamil, jika bermimpi melahirkan anak perempuan, artinya bayi yang sedang dikandungnya adalah berjenis kelamin laki-laki, sebaliknya jika mimpi melahirkan anak laki-laki, bayinya berjenis kelamin perempuan.

Adapun mimpi seolah melahirkan anak dari mulut, jika di alam nyata orang yang bermimpi tersebut sedang sakit, maka ini menjadi pertanda akan datangnya kematian.

Itulah sejumlah arti yang ada dalam mimpi hamil dan melahirkan. Sebagai umat Islam, kita harus meyakini bahwa nasib manusia tidak dikendalikan oleh mimpi, melainkan oleh Allah.

Mimpi hanya sebatas pertanda yang bisa jadi benar atau sebaliknya. Seperti halnya awan hitam di langit, ada kalanya sebagai pertanda turunnya hujan, atau justru tidak hujan sama sekali. Wallahu a‘lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.