Sukses

Gerakan-Gerakan Ini Ternyata Bisa Batalkan Sholat Kata Buya Yahya, Sudah Tahu?

Apa saja gerakan yang bisa membatalkan sholat? Simak penjelasan Pengasuh LPD Al Bahjah, KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sholat adalah ibadah yang sering dilakukan oleh umat Islam. Sedikitnya, sholat dikerjakan sebanyak 17 rakaat dalam lima waktu setiap hari. Itulah yang disebut sholat fardhu.

Dalam melaksanakan sholat, muslim perlu tahu ilmu ibadah tersebut. Selain rukun dan syarat sah sholat, hal-hal yang membatalkan sholat pun perlu diketahui.

Salah satu yang bisa membatalkan sholat adalah gerakan tambahan. Ketika melaksanakan sholat, muslim harus menjaga gerakan tubuhnya agar tidak sampai membatalkan sholat.

Banyak umat Islam yang belum tahu gerakan seperti apa yang dilarang ketika sholat. Realitanya, kebanyakan muslim banyak bergerak ketika sholat. 

Apa saja gerakan yang membatalkan sholat? Simak penjelasan Pengasuh LPD Al Bahjah, KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya di bawah ini.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjelasan Buya Yahya

Mengutip tayangan YouTube Al Bahjah TV, Senin (12/8/2024), Buya Yahya mengatakan, gerakan yang membatalkan sholat adalah melakukan gerakan anggota tubuh tiga kali secara berturut turut.

Anggota tubuh yang dimaksud hanya anggota tubuh yang besar, yaitu lengan, kepala, kaki, dan badan. Buya Yahya mencontohkan, melangkahkan kaki tiga kali secara berturut-turut bisa membatalkan sholat.

Akan tetapi, anggota tubuh yang kecil-kecil seperti hidung, mata, dan jemari, meskipun gerak berturut-turut lebih dari tiga kali, itu tidak membatalkan sholat. Asalkan, kata Buya Yahya, bukan niat main-main.

Ia menambahkan, gerakan yang membatalkan itu di luar gerakan sholat yang mesti dilakukan. 

Misalnya, ketika takbiratul ihram menggelengkan kepala sembari mengangkat lengan. Secara hitungan, itu ada tiga gerakan, tapi yang terhitung hanya satu gerakan di luar sholat, yaitu menggelengkan kepala, karena yang dua gerakan -mengangkat dua lengan- itu gerakan sholat saat takbiratul ihram.

3 dari 3 halaman

Hal Lain yang Membatalkan Sholat

Selain melakukan gerakan tiga kali berturut-turut, apalagi yang membatalkan sholat?

Syekh Salim bin Sumair Al-Hadhrami dalam kitab Safinatun Najah merangkan, ada 14 belas hal yang membatalkan shoalt, yaitu:

  1. Hadas
  2. Terkena najis, kecuali langsung dibuang tanpa dibiarkan
  3. Tersingkap aurat, kecuali langsung ditutup
  4. Berbicara dua atau satu huruf yang bisa dipahami dengan sengaja
  5. Melakukan pembatal puasa dengan  sengaja
  6. Makan banyak meski lupa
  7. Gerakan tiga kali yang berturut-turut meskipun lupa
  8. Melompat yang keras
  9. Memukul keras
  10. Menambah rukun fi'li dengan sengaja
  11. Mendahului imam dalam dua rukun  dan ketinggalan imam dua rukun tanpa uzur
  12. Niat memutus sholat
  13. Sengaja memutus sholat dengan sesuatu
  14. Ragu-ragu dalam membatalkan sholat

Itulah gerakan dan hal-hal yang bisa membatalkan sholat. Wallahu a’lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.