Sukses

Mulai Sekarang Perhatikan, Batas Waktu Sholat Dhuha agar Rezeki Lancar

Sama seperti ibadah yang lain, sholat dhuha memiliki batas waktu tertentu dalam pelaksanaannya yaitu waktu yang diperbolehkan dan waktu terlarang

Liputan6.com, Jakarta - Sholat dhuha merupakan salah satu ibadah sunnah yang dapat menjadi pembuka pintu rezeki. Sholat sunnah ini biasa dikerjakan pada waktu pagi.

Mengawali aktivitas di pagi hari memang sebaiknya dimulai dengan melakukan sesuatu yang baik seperti menunaikan sholat dhuha. Cukup dengan menyisihkan waktu beberapa menit saja sebelum Anda memulai pekerjaan.

Sholat dhuha layaknya bahan bakar untuk motivasi menjemput rezeki yang berkah dari Allah SWT. Setelah sholat jangan lupa untuk berdoa sebagai penyempurna ikhtiar ibadah kita.

يا ابنَ آدمَ اركعْ لي من أولِ النهارِ أربعَ ركَعاتٍ أكْفِكَ آخِرَه

Artinya: "Wahai anak Adam, rukuklah (sholatlah) karena Aku pada awal siang (sholat dhuha) empat rakaat, maka Aku akan mencukupi (kebutuhan)mu sampai sore hari." (HR. Tirmidzi)

Sama seperti ibadah lainnya, sholat dhuha memiliki batas waktu awal dan akhir pelaksanaan agar tidak mepet dengan waktu sholat wajib. Berikut penjelasannya mengutip dari laman zakat.or.id.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Strategi Rahasia Pembuka Rezeki

Rezeki, baik itu materiil atau non materiil, memang rahasia Allah. Pandangan manusia yang jumawa atau terlalu pasrah, menurut Quraish Shihab dalam buku Wawasan Al Quran tentang Zikir dan Doa tidaklah tepat.

Zikir dan doa menjadi bentuk pengakuan manusia bahwa kita adalah makhluk yang bergantung kepada Allah. Tugas manusia adalah berusaha dan berdoa untuk menjemput jalan rezeki masing-masing yang telah Allah tentukan.

Mengutip dari buku Quraish Shihab, ketika seseorang berzikir dan berdoa, maka umat akan merasa sangat kecil di hadapan Allah, sehingga tentu saja kita membutuhkan bantuan-Nya. Berdoalah dengan hati yang tulus dan ikhlas agar Allah memberi ridha kepada hamba-Nya yang senantiasa berusaha.

Yuk, kikis pemikiran menyepelekan kekuatan doa. Seimbangkan usaha (pekerjaan) dan ibadah, salah satunya dengan menyempatkan shalat dan zikir di waktu Dhuha tepat waktu. Memang berat, apalagi kalau lagi sibuk rasanya satu detik saja sudah menyita banyak hal, padahal itu hanya mindset yang disebabkan oleh hustle culture.

Hustle culture artinya gaya hidup gila kerja untuk mendapatkan rasa hormat dan kepuasan yang divalidasi oleh orang lain dan diri sendiri. Gaya hidup ini menimbulkan pola pikir kalau Sahabat tidak menempatkan setiap menit yang mungkin dalam sehari menjadi sesuatu yang produktif, Anda tidak bisa sukses, sampai lupa ibadah.

Mengutip dari Dompet Dhuafa, sholat dhuha bukan hanya menjemput rezeki yang berkah, tetapi juga dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu jika Sahabat rutin melakukannya. Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah SAW:

"Barang siapa yang menjaga sholat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan" .(HR. Ibnu Majah)

3 dari 3 halaman

Batas Waktu Sholat Dhuha

Anda pasti pernah bertanya tentang batas awal waktu sholat dhuha dan akhir jam berapa sebaiknya dilakukan supaya tidak mepet dengan sholat wajib. Kegiatan pagi hari menjadi penentu hari yang produktif, termasuk ibadah.

Batas Awal Sholat Dhuha

Setelah matahari terbit secara utuh. Menurut para ulama, 15 menit setelah matahari syuruq (terbit) karena posisinya mulai meninggi. Maka, batas awal aman untuk melakukan sholat dhuha yaitu jam 08.00 pagi.

Waktu Terlarang Sholat Dhuha

Ada tiga waktu haram untuk melakukan sholat dhuha. Pertama, sesudah sholat subuh hingga saat matahari masih di fase terbit. Lalu kedua, saat memasuki waktu zuhur hingga matahari tergelincir ke arah barat. Ketiga, pada waktu matahari hampir terbenam.

Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah SAW:

"Matahari terbit dengan diikuti setan. Pada waktu mulai terbit, matahari berada dekat dengan setan, dan ketika telah mulai meninggi berpisah darinya. Pada waktu matahari berada tepat di tengah-tengah langit, ia kembali dekat dengan setan, dan ketika telah zawal (condong ke arah barat) ia berpisah darinya. Pada waktu hampir terbenam, ia dekat dengan setan, dan setelah terbenam ia berpisah lagi darinya". (HR. Nasai')

Waktu Terbaik Sholat Dhuha 

Waktu terbaik untuk melakukan sholat dhuha adalah dari jam 08.00 pagi hingga 11.00 siang. Dhuha berakhir saat matahari memasuki waktu zuhur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.