Sukses

Makna Menakjubkan di Balik Gerakan-Gerakan Sholat Menurut Jalaluddin ar-Rumi

Makna gerakan sholat diungkap oleh ulama sufi yang tersohor yakni Jalaluddin ar-Rumi

Liputan6.com, Cilacap - Sholat merupakan rukun Islam yang kedua. Begitu pentingnya sholat, Rasulullah SAW menerangkan bahwa amal Ibadah yang pertama kali akan dihisab di yaumul hisab hari kiamat ialah sholat.

Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ الصَّلَاةُ ، فَإِنْ صَلَحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْـجَحَ ، وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ ، وَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيْضَةٍ ؛ قَالَ الرَّبُّ : اُنْظُرُوْا ! هَلْ لِعَبْدِيْ مِنْ تَطَوُّعٍ ؟ فَيُكَمَّلُ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الْفَرِيْضَةِ ، ثُمَّ يَكُوْنُ سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَىٰ ذٰلِكَ

“Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah sholatnya. Maka, jika sholatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki sholat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari sholat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.” (HR. Tirmidzi dan An Nasa’i).

Demikian pentingnya melaksanakan sholat wajib yang lima waktu, sehingga dalam kondisi apapun, baik sehat ataupun sakit kita tetap wajib untuk melaksanakannya.

Perihal sholat, ulama tasawuf tersohor, Jalaluddin ar-Rumi dalam kitabnya mengulas seputar makna gerakan-gerakan sholat yang ternyata sangat dahsyat dan menakjubkan.

Berikut ini ulasannya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makna Takbir dalam Sholat

Menukil hidayatuna.com, Jalaluddin Rumi melalui kitab Matsnawi Ma’nawi menjelaskan bahwa jika seorang hamba memahami dan merenungi hakikat shalat, maka ia akan merindukan shalat itu sebagai sebuah safar menuju perjumpaan dengan Rabb Azza wa Jalla.

Secara panjang Rumi menjelaskan bahwa ketika seorang hamba melafadzkan takbiratul ihram, ia sedang berikrar seperti Nabi Ismail AS. yang telah menyembelih ego dalam hatinya. Takbir merupakan esensi dari menjadi seorang hamba adalah menjadi rendah hati.

Ketika seorang hamba melaksanakan shalat dalam keadaan berdiri, itu seperti mengimajinasikan kondisi ketika di Padang Mahsyar.

Di Padang Mahsyar Allah akan meminta pertanggungjawaban seorang hamba terhadap semua perbuatan yang mereka lakukan seluruh anggota tubuhnya.

3 dari 4 halaman

Makna Ruku

Maka di saat itu juga karena rasa malu, hamba tersebut akan malu dan tertunduk yang diesensikan dengan gerakan rukuk dan bertasbih. Setelah itu Allah memerintahkan kembali hambanya untuk menjawab, tapi karena ia tidak mampu menjawab ia pun kembali tertunduk dan malu yang  diesensikan dengan gerakan sujud, duduk ifthirasy, hingga tahiyat.

Seorang hamba dalam sholat memberikan salam dan bertawasshul kepada Nabi dan orang-orang saleh agar mendapatkan syafaa’at. Karena ia sadar bahwa segala perkataan dan perbuatan tidak berarti tanpa syafa’at orang-orang yang menjadi kekasih Allah.

Makna transendensi dalam filosofi shalat dalam pemikiran Rumi adalah bagaimana seorang hamba dapat menyadari bahwa ia memiliki banyak kekurangan dan harus mengevaluasinya  agar menjadi seorang hamba lebih baik lagi. Pemikiran ini selaras dengan apa yang terkandung dalam QS. Al-Ankabut ayat 45:

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاء وَالْمُنكَرِ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Artinya: Dan dirikanlah shalat, karena sesungguhnya shalat dapat mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar.

4 dari 4 halaman

Sholat sebagai Pengekang Hawa Nafsu

Kemudian Rumi juga mengibaratkan bahwa seorang hamba yang shalat seperti seorang gembala yang sedang menjaga gembalanya dari bahaya ancaman serigala. Serigala disini diartikan sebagai nafsu dan amarah seorang manusia yang selalu mengganggu dan menghalagi kestabilan batin seorang hamba.

Nafsu merupakan suatu fitrah sekaligus ujian agar seorang hamba dapat dikatakan lulus dan telah berhasil meningkatkan kualitas keimanannya. Oleh sebab itu Rumi menuturkan bahwa seseorang dapat dikatakan sebagai seorang hamba sejati dan akan meraih kebahagiaan yang hakiki apabila  ia berhasil mengalahkan nafsu dan keegoisan dalam benak  dirinya sendiri.

Rumi juga menjelaskan  bahwa seseorang yang dapat menjaga shalatnya akan terhindar dari kemarahan yang tidak terkontrol, nafsu syahwat yang mudah memuncak serta ketamakan dan kesombongan dalam hatinya.

Dalam hal ini Rumi berusaha menyampaikan bahwa menjaga shalat merupakan aspek utama yang dapat membantu seseorang mengenali dan memperbaiki diri. Shalat sebagai sebuah ibadah ritual memberikan kontribusi dalam dimensi sosial  dan spiritual sebagaimana misi utama ajaran Islam yaitu Rahmatan lil ‘Alamin.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.