Sukses

Guru Wajib Tahu! Ini Cara Ampuh Mengatasi Murid yang Bandel dari KH Saifudin Zuhri

Murid yang bandel atau nakal tentu saja akan menjadi masalah dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu seorang guru harus tahu cara mengatasinya.

Liputan6.com, Cilacap - Memiliki murid yang bandel atau nakal memang sangat menjengkelkan. Terlebih jika kenakalannya tersebut menular ke murid yang lainnya.

Jikalau memiliki karakteristik murid yang demikian, sebagai seorang guru kita dituntut untuk bisa mengatasinya.

Beragam cara mengatasi murid yang bandel atau nakal sebagaimana dikemukakan oleh para tokoh pendidikan, semisal KH Saifuddin Zuhri.

KH Saifudin Zuhri sendiri merupakan ulama yang berpengaruh di Indonesia karena kontribusinya yang besar. Dia juga pernah menjabat menteri agama RI.

Namanya diabadikan menjadi sebuah perguruan tinggi, UIN Saifudin Zuhri atau UIN Saizu, Purwokerto, Jawa Tengah.

Berikut ini cara ampuh mengatasi murid yang bandel menurut KH Saifudin Zuhri sebagaimana dikemukakan oleh putranya Lukman Hakim Saifuddin yang merupakan mantan Menteri Agama RI.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mendidik Murid yang Bandel

Menukil laman lagarnusa.or.id, melalui otobiografinya, Kiai Saifuddin Zuhri tidak serta merta menerapkan kekerasan sebagai upaya mengatasi murid yang bandel. Beliau menggunakan cara-cara dan pendekatan yang bijaksana.

“Anak yang bersangkutan dipanggil ke muka  kelas, diberi nasihat dan peringatan seperlunya. Atau menahan dia pada jam mengasoh (istirahat–red) untuk sekali lagi diberi nasihat dan peringatan. Atau dengan jalan aku panggil ke rumah. Aku tanyakan kepadanya, apakah cukup aku sendiri yang menasihati, atau biar aku serahkan kepada orang tuanya untuk dinasihati?” tulis Menag RI Lukman Hakim Saifuddin.

Selain hal demikian, Kiai Saifuddin Zuhri juga memberikan opsi yang menarik. Ketika mendapati murid yang bandel, maka ia berusaha mendekatinya dengan memberikan perhatian yang lebih.

Ia menulis sebagai berikut: “Ada lagi dengan cara lain. Anak itu aku dekatkan di hatiku. Aku panggil ke rumah untuk membantu pekerjaanku yang tidak ada hubungannya dengan sekolah. Misalnya aku ajak menyertai aku ke pasar membeli bibit tanaman dan dia kusuruh menemani aku menanam bibit itu di halaman rumahku. Pokoknya aku dekatkan dengan hatiku dan kuinsyafkan bahwa aku sangat sayang kepadanya,” tulisnya.

Pendekatan-pendekatan seperti ini, menurut Kiai Saifuddin, dapat meredamkan kebandelan murid. Meskipun perlu waktu yang cukup lama untuk melakukannya. Namun,kedekatan secara psikologis antara guru dan murid ini berkemungkinan besar untuk melunakkan kebandelan dan mengubah sikap murid secara bertahap.

Dalam melakukan pendidikan, memang guru sebaiknya mengetahui kondisi psikologis setiap murid yang ia ajar. Adanya kedekatan psikologis dapat membuat hubungan antara guru dan murid menjadi lebih harmonis sehingga tujuan pendidikan pun dapat tercapai.

3 dari 3 halaman

Sekilas tentang KH. Saifuddin Zuhri

Beliau merupakan sosok pejuang Nahdlatul Ulama sekaligus tokoh pergerakan nasional. Kiai Saifuddin Zuhri juga sempat menjadi komandan milisi Islam Hizbullah pada masa penjajahan dahulu.

Prof. Kiai Saifuddin Zuhri lahir di Banyumas, Jawa Tengah pada 1 Oktober 1919. Beliau merupakan putra dari H. Muhammad Zuhri dan Siti Saudatun.

Lingkungan keluarganya yang agamis turut mengantarkan Kiai Saifuddin Zuhri menjadi sosok yang berkarakter mulia.

Melansir dari kemdikbud, Beliau memulai pendidikan formal di Sekolah Rendah Nomor Dua Bumiputera atau yang popular dengan nama Sekolah Ongko Loro.

Selain mendapat pendidikan keagamaan dari keluarganya, Kiai Saifuddin Zuhri juga mengenyam pendidikan di Madrasah NU, Al-Huda Sokaraja dan berlanjut ke Madrasah Salafiyah dan Mamba’ul Ulum di Solo.

Dalam kisah perjalanannya, Kiai Saifuddin Zuhri memiliki ketertarikan pada bidang jurnalistik. Semenjak sekolah di Madrasah Al-Huda, Beliau banyak berkontribusi menyumbang tulisan untuk media-media cetak yang terbit di Jakarta. Puncak karier gemilangnya terlihat pada tahun 1960 di mana Beliau terpilih menjadi Pemimpin Umum dan Redaksi di harian resmi NU, yaitu Duta Masyarakat.

Selain sebagai wartawan, dalam otobiografinya, Guruku Orang-Orang dari Pesantren, Kiai Saifuddin Zuhri juga dikenal sebagai pendidik. Melalui buku tersebut, Beliau banyak menceritakan kisahnya sebagai pendidik, termasuk dalam mendidik murid-murid yang bandel.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.