Sukses

3 Contoh Teks Doa Upacara 17 Agustus 2024 dari Kemenag, Singkat dan Padat

Berikut ini beberapa contoh teks doa pada upacara bendera 17 Agustus 2024 sebagaimana dirilis oleh Kementerian Agama RI

Liputan6.com, Cilacap - 17 Agustus ialah momen bangsa Indonesia menikmati kemerdekaannya. Peringatan bersejarah ini dilakukan setiap tahunnya pada tanggal tersebut. Pada tanggal 17 Agustus 2024 kali ini bangsa Indonesia juga akan kembali merayakan HUT ke-79 RI.

Beragam kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat luas dalam merayakan momen paling bersejarah bagi bangsa Indonesia, seperti melaksanakan upacara bendera.

Upacara 17 Agustus 2024 ini selain sebagai momentum refleksi dan wujud syukur atas anugerah besar dari Allah SWT juga sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa para pahlawan sekaligus memupuk semangat nasionalisme dan persatuan bangsa.

Banyak rangkaian acara dalam prosesi upacara 17 Agustus 2024 nanti seperti pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks proklamasi serta pembacaan teks doa.

Berikut ini contoh teks doa upacara 17 Agustus 2024 sebagaimana yang telah dirilis oleh Kementerian Agama dan beberapa contoh teks doa yang dirilis Kemenag untuk tahun-tahun sebelumnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa Upacara Bendera 17 Agustus 2024

Ya Allah Tuhan Yang Maha RahmanKeharibaan-Mu

kami melangitkan syukur, doa dan harapanPagi ini kami semua hadir mengikuti HUT Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke tujuh puluh sembilan. Semoga Engkau senantiasa karuniakan Rahmat dan keberkahan Rakyat dan pemimpin dalam kesatuan batin dan saling mendoakan.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Mengilhami

Alangkah indah nan gemah ripah negeri yang kami diami. Di bulan Agustus ini kemerdekaannya ke 79 kami peringati. Atas Rahmat, berkah karunia-Mu, mampukan kami menyukuri. Pancarkan ma’unah-Mu agar kami lanjut membangun negeri. Mengafirmasi semua ilmu pengalaman dan potensi yang dimiliki.

Ya Allah, Tuhan Yang semua doa dan harapan bertumpu

Muliakan para pahlawan dan tokoh bangsa kami kini dan terdahulu. Semoga dalam Ridha-Mu, rakyat dan pemimpin kami bertemu. Berikhtiar sungguh, membangun bangsa, bahu membahu. Menyongsong Nusantara Baru Indonesia Maju.

Ya Allah, Tuhan Pelimpah AnugerahHanya kepada-Mu kami bertawakkal, pasrah dan berserah. Dengan wajah tertunduk dan tangan tertengadah. Sertailah bangsa kami dalam melangkah dan menentukan arah. Semoga semua cita dan ikhtiar terjelma dan terukir indah di Tangan-Mu semua yang sulit terwujud menjadi mudah.

3 dari 3 halaman

Teks Doa Upacara Bendera 17 Agustus 2024

Berikut ini 2 contoh teks doa upacara bendera 17 Agustus dari Kementerian Agama untuk tahun-tahun sebelumnya.

1. Doa Upacara 17 Agustus dari Kemenag (I)

Ya Allah ya Tuhan kami ampunilah kami, para pemimpin kami,dan segenap rakyat kami; Engkaulah sebaik-baik pengampun.

Ya Allah ya Tuhan kami, rahmatilah kami, para pemimpin kami,dan segenap rakyat kami; Engkaulah sebaik-baik pemberi rahmat.

 Ya Allah ya Tuhan kami ilhamilah kami para pemimpin kami dan rakyat kami untuk mensyukuri nikmat anugerahMu. Ilhamilah kami untuk mensyukuri nikmat negeri indah anugerahMu dengan menjaga keindahannya. Ilhamilah kami untuk mensyukuri nikmat bangsa ramah anugerahmu dengan menjaga keramahannya.

Ilhamilah pemimpin-pemimpin kami untuk mensyukuri nikmat anugerahMu dengan memahami dan mengayomi rakyat yang mereka pimpin. Ilhamilah kami dan pemimpin-pemimpin kami untuk mensyukuri nikmat anugerahMu dengan menyadari tanggung jawab masing-masing kami. 

Ilhamilah kami untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan anugerahMu secara tulus mengisinya dengan kerja nyata bagi kemaslahatan bangsa dan negara.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Kuat, berilah kami kekuatan untuk pulih lebih cepat bangkit lebih kuat. Menatap masa depan, menyongsong Indonesia maju bermartabat. Ya Allah ya Tuhan kami, ampunilah dan rahmatilah kami dan kabulkanlah doa kami.

2. Doa Upacara 17 Agustus dari Kemenag (II)

Ya Allah ya Tuhan kami, Ilhamilah kami untuk menyadari dan mensyukuri anugerah agungMu, kemerdekaan negeri dan bangsa kami.

Syukur yang mendorong kami, bangsa kami, dan terutama pemimpin-pemimpin kami untuk terus menjaga negeri kami dan mengisi kemerdekaan dengan bersama berupaya memajukan negeri kami. 

Ya Allah ya Tuhan yang Maha Pengampun, Ampunilah kami, rakyat dan pemimpin-pemimpin kami atas kelalaian kami mensyukuri anugerahMu dalam mengisi kemerdekaan atas rahmatMu.

Ya Allah ya Tuhan kami yang Maha merahmati, Limpahkanlah rahmatMu kepada kami, kepada negeri kami, bangsa kami, dan pemimpin-pemimpin kami. Anugerahilah kami pemimpin yang takut kepadaMu, yang mencintai tanah air, dan menyayangi rakyatnya.

Ya Allah ya Tuhan kami yang Maha Kuasa dan Perkasa; Berilah kami dan pemimpin kami kekuatan lahir-batin untuk membangun dan memajukan negeri kami.

Satukanlah hati dan tekad kami Bagi menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam harmoni. Karuniailah kami kekompakan untuk berjuang meraih kesejahteraan dan kebahagiaan bersama

Wahai Tuhan yang melukis takdir dan perjuangan Tanpa pertolongan-Mu takkan kami raih kemenangan Maka bimbinglah kami memaknai kemerdekaan Tuntun langkah kami menjaga persatuan dan kesatuan Demi Bumi Pertiwi tumpuan penghidupan Tempat kami anak negeri mewujudkan impian

Ya Allah, Tuhan yang memberi arah tujuan Lapangkan hati kami meniti jalan keteladanan Terangi jalan kami mewujudkan kejayaan Hindarkan kami dari pertikaian perpecahan Jangan biarkan kami tercerai berai dalam permusuhan Satukan hati kami dalam cinta dan kasih sayang Izinkan kami mensyukuri kemerdekaan yang Engkau anugerahkan Izinkan kami Terus Melaju untuk Indonesia Maju yang Engkau Tuntunkan.

Ya Allah Tuhan yang Maha Mengampuni Ampunilah dosa dan kesalahan kami Ampunilah dosa orang tua dan guru kami Ampunilah seluruh tokoh bangsa dan pemimpin kami Ampuni dan muliakanlah para pahlawan kami Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah, waqina adzabannar. Wal hamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.