Sukses

Kata Habib Novel Pekerjaan Bukan Sumber Rezeki, lalu Apa Bib?

Habib Novel mengatakan, dalam bekerja sebaiknya diniatkan sembari mencari pahala dari Allah. Kerjanya sebagai sarana untuk mendatangkan rezeki dari Allah.

Liputan6.com, Jakarta - Manusia pada umumnya bekerja untuk mendapatkan rezeki. Macam-macam pekerjaan mereka yang dilakukan sesuai kemampuannya. Namun, alasan semuanya sama, yaitu mencari rezeki untuk mencukupi kehidupannya.

Ulama kharismatik asal Surakarta, Habib Novel Alaydrus dalam salah satu kajiannya mengingatkan bahwa pekerjaan bukanlah sumber rezeki. Lalu apa, Bib?

Habib Novel menjelaskan, ketika dengan bekerja mengharapkan rezeki, maka jika suatu hari keringat yang dikeluarkannya tidak dibayar, dia akan marah. Ini memang wajar karena gaji adalah hak pekerja, namun kondisi itu bisa saja terjadi.

“Tapi, kalau dalam kacamatanya mukmin yang benar-benar mukmin, ngapain harus marah? Karena marahmu tidak akan mencairkan gaji. Justru (hanya) menghabiskan energi,” kata Habib Novel, dikutip dari YouTube SalingSapa TV, Jumat (16/8/2024).

Habib Novel mengatakan, dalam bekerja sebaiknya diniatkan sembari mencari pahala dari Allah. Kerjanya sebagai sarana untuk mendatangkan rezeki dari Allah. Ketika tanggal gajian ternyata tidak cair, maka akan tenang saja karena Allah pasti akan memberi rezeki dari jalan lain.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sumber Rezeki yang Sebenarnya

Menurut Habib Novel, akidah orang zaman sekarang banyak yang rusak karena berkeyakinan bahwa rezeki itu datang dari hasil usaha, padahal bukan.

"Ini kerusakan yang luar biasa. Rezeki itu dari Allah, rezeki karena Allah, rezeki itu mutlak urusan Allah. Makanya ketika kita sudah berusaha, kita sudah berjuang, hasilnya apapun terserah Allah, dan jangan kamu batasi rezekimu dengan angka (gaji) yang diberikan perusahaan, ruginya luar biasa," kata Habib Novel.

Orang mukmin sejatinya dalam ikhtiar mencari rezeki harus bersandar kepada Allah SWT. Mereka bekerja karena Allah, sesuai aturannya Allah.

Mukmin itu harus berkeyakinan bahwa Allah-lah yang memberikan rezeki kepadanya. Ketika kerja mereka tidak digaji perusahaan, tetap yakin bahwa Allah akan mendatangkan rezeki dengan cara yang lain.

"Ulama berkata, 'Alhalal ma yafut' yang halal nggak mungkin hilang. Jadi, kalau memang kerja saya nggak halal, lebih baik tanggal satu nggak usah cair (gaji)," ujar Habib Novel.

3 dari 3 halaman

Kehilangan Allah, Kehilangan Rezeki

Menurut Habib Novel, banyak orang sekarang kehilangan Allah dalam kehidupannya hingga dalam urusan rezeki. Yang menjadikan pegangan mereka adalah ikhtiarnya, bukan berpegang teguh kepada Allah Yang Maha Memberi. 

"Kehilangan Allah itu ngeri. Yang itu bukan imannya, (tapi) yang dipegang adalah usahanya. Sementara mukmin itu yang dipegang Allah-nya, kemudian diiringi dengan usaha,” tutur ulama keturunan Rasulullah SAW ini.

Wallahu a'lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.