Sukses

Kisah Cinta UAH, Tunggu 7 Tahun sebelum Menikahi Mbak Lir: Bukti Jodoh Tak Kemana

Ada kalanya UAH membagikan kisah inspiratif di hadapan jemaah. Salah satu kisah yang pernah diceritakan UAH adalah perjuangannya sebelum menikah.

Liputan6.com, Jakarta - Ustadz Adi Hidayat atau UAH dikenal sebagai salah satu ulama Indonesia yang cerdas. Dalam menyampaikan suatu dalil di ceramahnya, ia selalu ingat letak suatu ayat dalam mushaf Al-Qur’an. 

Ulama Muhammadiyah itu banyak pengikutnya. Selain hadir langsung di majelis UAH, jemaah Ustadz Adi Hidayat bisa menyaksikan kajian ulama kelahiran Pandeglang itu secara daring di YouTube.

Tak selalu bicara soal fikih atau bahasan Islam lainnya, ada kalanya UAH membagikan kisah inspiratif di hadapan jemaah. Salah satu kisah yang pernah diceritakan UAH adalah perjuangannya sebelum menikah.

UAH bercerita bahwa ia sudah cukup mengenal dengan Shufairok atau Mbak Lir yang kemudian menjadi istrinya. Namun suatu hari, UAH dan Mbak Lir harus dipisahkan dengan jarak. Bertahun-tahun keduanya saling menunggu.

"Saya menunggu istri saya selama tujuh tahun. Istri saya menunggu saya tujuh tahun," cerita UAH, dikutip dari akun TikTok @umaruchan71472 via kanal Lifestyle Liputan6.com, Ahad (18/8/2024).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebab Berpisah 7 Tahun

Terpisahnya UAH dengan Mbak Lir yang begitu lama tidak lepas dari syarat yang harus dipenuhi sebelum menikah dari ibunya, yakni lulus sebagai magister baru menjadi suami orang.

"Amanahnya harus belajar minimal S2, baru mama izinkan menikah," kata UAH saat mengajukan proposal pernikahan ke ibunya.

UAH memilih untuk memenuhi syarat tersebut ketimbang langsung nikah. Ia kemudian menempuh pendidikannya di Tripoli, Libya. 

Kepada Mbak Lir, ia mempersilakan calon istrinya itu menikah jika ada lelaki baik yang berniat untuk menikahinya, tak perlu menunggu selesai pendidikannya.

"Allah memberikan yang terbaik. Tapi kalau kau mau bersabar silakan tunggu sampai saya selesai S2," tuturnya.

Rupanya Mbak Lir tetap menunggu UAH. Setelah lulus dari International Islamic Call College Tripoli, UAH dan Mbak Lir menikah.

Rumah tangganya harmonis hingga sekarang. Dari pernikahannya dengan wanita asal Lasem, Rembang, UAH dikarunia lima anak.

3 dari 3 halaman

Kisah yang Memberi Hikmah Warganet

Kisah perjalanan UAH hingga bisa menikah dengan istrinya direspons positif dari warganet. Perjuangan menikahnya itu memberi hikmah bagi banyak orang. UAH dan Mbak Lir juga didoakan warganet agar langgeng.

"Sakinah mawadah wa rahmah, sehingga JannahNya Ustadz dan jangan hadirkan orang ketiga," tulis seorang warganet.

"Masya Allah kesabaran berbuah manis," kata yang lain.

"Seharusnya dibuatkan film ini," sambung yang lain.

"Wajah istrinya mirip sama Usatadz Adi yah, mungkin itu yang dinamakan jodoh," sahut warganet lainnya.

"Masya Allah pasti uminya wanita saleha. Anda tidak salah menunggu lelaki idaman surga dunia akherat umi," tulis warganet lagi.

"Itu mungkin salah satu alasan UAH tidak mau berpoligami dari istrinya karena beliau sangat setia menunggu UAH masya Allah semoga selalu bersama sampai akhirat," komentar warganet.

"Masya Allah Ustadz Adi memang bener-bener bisa buat panutan, cara menjawab pertanyaan pun tepat termasuk dalam hal berpoligami, semoga Allah selalu menjaganya," tambah warganet yang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.