Sukses

Punya Anak Nakal, Baca Surah Ini Kata Syekh Ali Jaber, Insya Allah Mustajab

Syekh Ali Jaber ungkap salah satu surah yang memiliki keutamaan yang dahsyat, salah satunya untuk mengatasi anak yang nakal.

Liputan6.com, Cilacap - Pendakwah alim, Syekh Ali Jaber menerangkan rahasia membaca salah satu surah Al-Qur’an yang memiliki keutamaan luar biasa.

Dalam salah satu kesempatan ceramahnya, Syekh Ali Jaber menerangkan rahasia keutamaan surah Al-Fatihah.

Beliau menekankan untuk membaca surah Al-Fatihah yang keutamaannya mampu menyelesaikan berbagai macam persoalan hidup, termasuk persoalan memiliki anak nakal.

“Mulai dari suratul Fatihah dan saya berikan rahasia suratul Fatihah,” terangnya dikutip dari tayangan YouTube Short @cahayarahmatanlilalamin, Kamis (22/08/2024).

 

Simak Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Surah Al-Fatihah untuk Anak yang Nakal dan Kesembuhan dari Sakit

Syekh Ali Jaber menerangkan jikalau kita memiliki anak yang nakal seperti tidak mau sholat dan memiliki akhlak yang buruk maka caranya ialah orang tuanya (ayah atau ibu) membacakan surah Al-Fatihah dekat telinganya sebanyak-banyaknya.

“Termasuk anak kita, bapak ibu kalau ada di antara kita yang punya anak istilah bahasa kita nakal,” terangnya.

“Susah, tidak bisa sholat, tidak bisa rubah, tidak bisa menjadi baik, saat dia tidur, boleh bapaknya atau ibunya membaca Al-Fatihah dekat telinganya berkali-kali," sambungnya.

“Berkali-kali dibacakan al-Fatihah, kalau bisa saat dia masih belum tidur kita ajak sama-sama membaca al-Fatihah tanpa batas, berkali-kali sambil anda merasa sudah ngantuk atau sudah capek sudah stop," tandasnya.

Hal demikian juga untuk kesembuhan penyakit, yakni dengan cara membaca Surah Al-Fatihah sebanyak-banyaknya juga.

“Subhanallah, sangat luar biasa manfaat dan saya mengajarkan keluarga termasuk anak saya apapun sakitnya dibacakan al-fatihah tanpa batas sumbuh,”

3 dari 3 halaman

Nama-nama lain Surah Al-Fatihah

Menukil muslimah.or.id, berikut ini nama-nama lain dari Surah Al-Fatihah.

1. Ummul Quran dan Ummul Kitab

Ummul Quran maknanya adalah induk atau inti dari Al Quran, sedangkan Ummul Kitab maknanya adalah induk atau inti dari kitab. Dinamakan demikian karena inti dari kandungan Al Quran juga terdapat di dalam Al Fatihah. Nama ini bersumber dari sebuah hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

الْحَمْدُ لِلَّهِ أُمُّ الْقُرْآنِ وَأُمُّ الْكِتَابِ وَالسَّبْعُ الْمَثَانِي

“(Surat) alhamdulillah (yaitu Al Fatihah) adalah ummul qur’an, ummul kitab dan as sab’ul matsani.” (HR. Tirmidzi dari Abu Hurairah)

2. As Sab’ul Matsani

Arti dari As Sab’ul Matsani adalah tujuh (ayat) yang diulang-ulang. Nama ini selain disebutkan dalam hadis yang telah disebutkan di atas, juga disebutkan dalam ayat berikut (yang artinya):

“Dan sungguh Kami telah memberikan kepadamu tujuh (ayat) yang berulang-ulang dan Al Qur’an yang agung” (QS. Al Hijr : 87).

Di antara penjelasan kenapa disebut sebagai tujuh ayat yang diulang-ulang adalah karena surat Al Fatihah dibaca diulang-ulang di setiap rakaat solat.

3. Al Quran Al Azhim

Makna Al Azhim adalah Yang Agung. Nama ini bersumber dari surat Al Hijr yang telah disebutkan di atas.

“Dan sungguh Kami telah memberikan kepadamu tujuh (ayat) yang (dibaca) berulang-ulang dan Al Qur’an yang agung” (QS. Al Hijr : 87).

Berdasarkan penjelasan Ibnu Katsir di dalam tafsirnya, yang dimaksud dengan Al Quran Al Azhim dalam ayat tersebut adalah surat Al Fatihah. Penjelasan ini juga diperkuat oleh sebuah hadis dimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ هِيَ السَّبْعُ الْمَثَانِي وَالْقُرْآنُ الْعَظِيمُ الَّذِي أُوتِيتُهُ

“Alhamdulillahirabbil ‘alamin (surat al-Fatihah) adalah as sab’ul matsani dan al-Qur’an yang agung yang dikaruniakan padaku.” (HR. Bukhari dari Abu Sa’id bin al Mu’alla).

4. Ash SholahNama ini diambil dari sebuah hadits Qudsi, dimana Allah berfirman:

“Aku membagi Ash Sholah antara aku dan hambaku menjadi dua bagian. Apabila seorang hamba berkata:

الحمد لله رب العلمين

Allah menjawab : ‘hambaku memujiku’. Dan apabila seorang hamba berkata:

الرحمن الرحيم

Allah menjawab: ‘Hambaku menyanjungku’. Dan apabila seorang hamba berkata:

ملك يوم الدين

Allah menjawab : ‘hambaku mengagungkanku’. Dan apabila seorang hamba berkata:

ملك يوم الدين

Allah berkata: ’ini adalah dua bagian antara aku dan hambaku. Dan untuk hambaku apa yang dia inginkan’” (HR. Muslim (390) dari Abu Hurairoh)

Yang dimaksud dengan Ash Sholah dalam hadis tersebut adalah Al Fatihah.

5. Ar Ruqyah

Dinamakan dengan Ar Ruqyah karena dikisahkan dalam sebuah hadis sahih bahwa para sahabat pernah diminta untuk meruqyah seseorang yang tersengat kalajengking. Para sahabat kemudian membacakan surat Al Fatihah kepada orang tadi dan dengan serta merta diberi kesembuhan oleh Allah. Ketika para sahabat menceritakan kisah tersebut kepada Nabi shallallaahu’alaihi was sallam, beliau pun bersabda: “Tahukah engkau bahwa (Al Fatihah) itu adalah Ruqyah?” (HR. Bukhori (2276) dan Muslim (2201) dari Abu Sa’id Al Khudri).

6. Asy Syifa

Nama Asy Syifa bermakna penawar. Nama ini diambil dari sebuah hadis yang diriwayatkan di dalam sunan Ad Darimi dari sahabat Abu Sa’id Al Khudri secara marfu’, dikatakan:

 فَاتِحَةُ الْكِتَابِ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ سُمٍّ

“Al Fatihah sebagai syifa (penawar) dari segala racun” (HR. At Tirmidzi no.2878 dan Al Hakim dalam Al Mustadrok 2/259).

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.