Sukses

Catat! Ini Waktu Terbaik dan Dilarang untuk Melaksanakan Sholat Istikharah

Waktu merupakan salah satu aspek yang penting diperhatikan dalam sholat istikharah. Ada waktu terbaik dan dilarang untuk pelaksanaan sholat sunnah ini

Liputan6.com, Jakarta - Sholat istikharah dapat dilakukan ketika kita tengah dilanda kegelisahan dan keraguan dalam memilih satu dari dua pilihan atau lebih.  Baik itu perihal jodoh, pekerjaan, dan apapun jenis persoalan hidup.

Disebutkan dalam sebuah hadis riwayat Bukhari: Rasulullah SAW mengajari kami sholat istikharah dalam setiap perkara atau urusan yang kami hadapi, sebagaimana Beliau mengajarkan kami suatu surat dari al-Qur’an. Beliau berkata: “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah sholat dua rakaat yang bukan sholat wajib, kemudian berdoalah…”. (HR. al-Bukhari).

Sholat istikharah sangat dianjurkan bagi umat Muslim yang ingin memohon petunjuk Allah dalam mengambil keputusan penting dalam hidup.

Seorang yang mendahulukan istikharah maka akan mendapatkan keberuntungan dari Allah SWT. Sebab ibadah ini juga menjadi bukti butuhnya seorang hamba terhadapat Penciptanya.

Ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan sholat istikharah, termasuk waktu pengerjaannya. Berikut penjelasannya merangkum dari berbagai sumber.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Waktu Terbaik Sholat Istikharah

Sebenarnya tak ada patokan waktu dalam pelaksanaan sholat istikharah, namun baiknya dikerjakan pada malam hari atau sepertiga malam. Karena itu merupakan waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa. 

1. Waktu sepertiga malam pertama, yaitu setelah waktu Isya hingga pukul 22.00 WIB

2. Waktu sepertiga malam kedua, yaitu mulai pukul 22.00 WIB hingga 01.00 WIB

3. Waktu sepertiga malam ketiga, yaitu mulai dari jam 01.00 WIB hingga waktu Subuh. 

3 dari 3 halaman

Waktu yang Dilarang untuk Sholat Istikharah

Waktu yang dilarang untuk sholat istikharah adalah waktu-waktu yang sama dengan waktu yang dilarang untuk sholat sunnah lainnya, yaitu:

1. Setelah sholat subuh hingga terbitnya matahari seukuran tombak. Karena matahari terbit di antara dua tanduk setan dan saat itu orang-orang kafir bersujud kepada matahari.

2. Saat matahari berada di tengah atau tengah hari, karena saat itu matahari berada di atas kepala setan dan saat itu neraka disajikan.

3. Setelah sholat ashar hingga terbenamnya matahari, karena di antara dua tanduk setan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.