Sukses

Manfaat Mengirimkan Al-Fatihah pada Diri Sendiri yang Jarang Disadari, Begini Caranya

Mengirimkan al-fatihah khusus untuk diri sendiri dapat menghilangkan berbagai macam penyakit hati dan meringankan beban dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Berikut keutamaan serta cara mengamalkannya.

Liputan6.com, Jakarta - Al-Fatihah adalah surat pembuka sekaligus induk dari semua isi kitab Al-Qur'an. Surah ini terdiri dari 7 ayat dan tergolong surah Makkiyah.

Surah Al-Fatihah adalah surah yang wajib dibaca ketika melaksanakan sholat. Sebagaimana Rasulullah SAW meyebutkan bahwa pincanglah sholat seseorang jika ia tidak membaca Al-Fatihah.

Ada banyak makna mendalam dari surah yang turun di kota Makkah ini. Surah Al-Fatihah berisi pujian kepada Allah SWT, serta perintah untuk menyembah dan memohon pertolongan hanya kepada-Nya.

Lazimnya,  banyak yang memahami bahwa surah ini bisa dihadiahkan untuk orang lain, seperti orang yang telah meninggal. Namun, sebenarnya kita juga bisa mengirimkannya untuk diri sendiri.

Berikut ulasan selengkapnya tentang manfaat atau keutamaan mengirimkan Al-Fatihah pada diri sendiri dan cara mengamalkannya, sebagaimana dikutip dari laman cahayaislam.id.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Surah Al-Fatihah

1. Membuat Jin dan Setan Marah

Khususon Al Fatihah untuk diri akan membuat jin dan setan marah. Selama Surah Al-Fatihah mengalun, maka jin dan setan akan merasa panas dan tersiksa, sehingga akhirnya keluar dari tubuh Anda. 

2. Meruqyah Diri

Khasiat menghadiahi Al -Fatihah untuk diri sendiri selanjutnya yaitu untuk meruqyah diri. Bahkan meruqyah diri menggunakan bacaan Al-Fatihah telah dilakukan sejak zaman Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Namun sebelum membaca Surah Al-Fatihah harus dengan niatan baik agar terhindar dari segala penyakit. 

3. Sebagai Obat 

Cara mengirim Al-Fatihah untuk diri sendiri juga dapat berfungsi sebagai obat. Sebab, surah ini juga menyandang julukan asy-syifa atau penyembuh. Oleh karena itu, menghadiahi Al-Fatihah akan menyembuhkan penyakit hati dan memberi keringanan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 

4. Menjauhkan Diri dari Perilaku Buruk 

Manfaat membaca Al-Fatihah untuk diri sendiri yaitu menjauhkan diri dari perilaku buruk. Sebab, perilaku buruk dapat terjadi di sekitar Anda tanpa terduga. Umat muslim bisa menghindari perilaku buruk dengan menghadiahi diri dengan Al-Fatihah. 

3 dari 3 halaman

Cara Mengirimkan Al-Fatihah untuk Diri Sendiri

Bacaan khususon untuk diri sendiri menggunakan surah Al-Fatihah dapat menghilangkan penyakit seperti riya’, sombong, ujub, dan lainnya. Landasan tersebut dapat ditemukan dalam Surah Al-Fatir ayat 15 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَنتُمُ الْفُقَرَاء إِلَى اللَّهِ وَاللَّهُ هُوَ الْغَنِيُّ الْحَمِيدُ

Artinya: Wahai manusia, kamulah yang memerlukan Allah. Hanya Allah Yang Mahakaya lagi Maha Terpuji.

Sebagai umat muslim yang taat mendapat anjuran membaca surah Al-Fatihah minimal sebanyak 17 kali. Sebab, pada saat menegakkan sholat umat muslim membacanya di setiap rakaat. Berikut ini cara mengirim Al Fatihah untuk diri sendiri:

1. Mengucapkan salam untuk diri sendiri. 

2. Lanjutkan dengan menyebut nama diri sebanyak 3 kali.

3. Letakkan telapak tangan kanan di dada sebelah kiri, kemudian ucapkan “Alhamdulillah”.

4. Ucapkan kalimat “Aku berniat menghadiahi diri secara lahir batin dengan Surah Al-Fatihah. Ya Allah ya Tuhanku, lindungilah diri dan rawatlah hambaMu ini dari segala kebatilan.”

5. Kemudian lanjutkan dengan membaca Surah Al-Fatihah sesuai keinginan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.