Sukses

3 Amal yang Dipesankan Rasulullah bagi Umatnya Akhir Zaman, Diriwayatkan Abu Hurairah

Terdapat 3 pesan Rasulullah yang disampaikan langsung kepada sahabatnya, Abu Hurairah agar menjadi pedoman bagi umat muslim untuk dapat mengamalkannya. Berikut isi pesannya.

Liputan6.com, Jakarta - Baginda Rasulullah Muhammad SAW adalah sebaik-baik teladan dalam hidup. Beliau memiliki kewajiban untuk menerima wahyu dan menyampaikan kepada umatnya.

Nabi Muhammad SAW adalah rasul dan nabi penutup. Diutusnya Rasulullah SAW merupakan salah satu tanda kiamat sudah dekat dan umatnya adalah umat akhir zaman.

Salah seorang sahabat Nabi, Abu Hurairah termasuk yang telah banyak menyampaikan hadis Rasulullah kepada para sahabat yang lain.

Suatu saat Abu Hurairah mendapatkan pesan untuk dilakukan, sebagaimana yang terdapat dalam hadis riwayat Bukhari berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: أَوْصَانِي خَلِيلِي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِثَلاَثٍ: «صِيَامِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ، وَرَكْعَتَيِ الضُّحَى، وَأَنْ أُوتِرَ قَبْلَ أَنْ أَنَامَ»

Dari Abu Hurairah, dia berkatan "Rasulullah telah berpesan kepadaku untuk melakukan tiga amal, yaitu 1) berpuasa tiga hari setiap bulan, 2) melaksanakan sholat dhuha dua rakaat, dan 3) melaksanakan solat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari)

Mungkin cukup jarang bagi kita mendengar pesan Rasulullah di atas. Berikut ulasan selengkapnya merangkum dari laman fitk.uinjkt.ac.id.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Pesan Amalan Rasulullah

Pesan pertama yaitu berpuasa tiga hari setiap bulan. Sebagaimana yang banyak kita ketahui dan lakukan selama ini adalah berpuasa sunnah seperti puasa yang dilakukan Nabi Dawud AS, yaitu sehari puasa dan sehari tidak puasa atau berpuasa pada hari Senin dan Kamis setiap minggu.

Jika seseorang telah melakukan puasa Dawud atau puasa pada hari Senin dan Kamis, berarti dia telah melakukan pesan Rasulullah tersebut.

Kedua, sholat dhuha. Sholat sunnah ini menjadi penting karena dilakukan dalam rangka menyambut kedatangan hari. Kita sambut kedatangan hari dengan harapan dan doa, mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan sholat dhuha.

Itulah sebabnya, maka doa yang diajarkan oleh Rasulullah untuk dibaca setelah melakukan sholat dhuha berkaitan dengan rezeki.

Sholat subuh dan zuhur terlalu jauh jaraknya untuk melakukan dzikir dan mendekatkan diri kepada Allah. Sholat dhuha adalah salah satu sarana yang dipersiapkan untuk mendekatkan diri kepada Allah, di celah-celah waktu kedua sholat tersebut.

3 dari 3 halaman

Amalan Lainnya

Pesan Rasulullah yang terakhir adalah melakukan sholat witir sebelum tidur jarang kita dengar. Biasanya kita dengar dan kita lakukan adalah salat witir yang dilakukan tengah malam sebagai penutup salat sunnah.

Atau witir dapat dilakukan usai melaksanakan sholat tarawih. Pesan Rasulullah ini menjadi penting agar sebelum tidur kita harus mengingat Allah dan mengingat nikmat-Nya.

Wallaahu a’lam bi al-shawaab. Berbahagialah bagi mereka yang mampu melaksanakan tiga pesan Rasulullah ini. Semoga kita juga mampu melakukannya sesuai dengan kemampuan kita. Aamiin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.