Sukses

Ini Sholawat Pembuka Rezeki Seret, Amalkan Kata Habib Novel

Banyak macam sholawat kepada Rasulullah SAW. Salah satunya adalah sholawat Fatih. Sholawat ini diijazahkan oleh ulama asal Surakarta Habib Novel Alaydrus.

Liputan6.com, Jakarta - Sholawat merupakan doa dan pujian umat Islam untuk Nabi Muhammad SAW. Tak hanya dianjurkan kepada umat Islam, Allah dan malaikat juga bersholawat kepada nabi. 

Ada  banyak keutamaan bagi orang yang sering membaca sholawat. Satu di antaranya akan mendapat syafaat. Keutamaan lain diungkap oleh Rasulullah SAW. 

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Man Solla Alayya waahidatan, sollallahu alaihi asyran.

Artinya: "Siapa saja yang bersholawat kepadaku sekali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali." (HR Muslim).

Banyak macam sholawat kepada Rasulullah SAW. Salah satunya adalah sholawat Fatih. Sholawat ini diijazahkan oleh ulama asal Surakarta Habib Novel Alaydrus.

"Saya mau kasih ijazah sholawat Fatih. Ada beberapa versi dari sholawat Fatih. Cuma yang mau saya ijazahkan adalah versi yang dari Abuya Sayyid Muhammad Bin Alwi Al Maliki Rahimahullah," kata Habib Novel dikutip dari YouTube Ubaidillah D. Masdar, Selasa (27/8/2024).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bacaan Sholawat Fatih

Berikut bacaan sholawat Fatih yang diijazahkan Habib Novel.

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺍﻟﻔَﺎﺗِﺢِ ﻟِﻤَﺎ ﺃُﻏْﻠِﻖَ ﻭَﺍﻟﺨَﺎﺗِﻢِ ﻟِﻤَﺎ ﺳَﺒَﻖَ ﻧَﺎﺻِﺮِ ﺍﻟﺤَﻖِّ ﺑِﺎﻟﺤَﻖِّ  ﻭَﺍﻟﻬَﺎﺩِﻱ ﺇِﻟَﻰ ﺻِﺮَﺍﻃِﻚَ ﺍﻟﻤُﺴْﺘَﻘِﻴﻢِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ  وَصَحْبِهِ ﺣَﻖَّ ﻗَﺪْﺭِﻩِ ﻭَﻣِﻘْﺪَﺍﺭِﻩِ ﺍﻟﻌَﻈِﻴﻢِ

Allahumma sholli ‘ala Sayyidina Muhammad al faatihi limaa ugliqo wal khootimi limaa sabaqo naashiril haqqi bil haq wal haadii ilaa shiroothikal mustaqiim wa ‘alaa aalihi wa sohbihi haqqo qodrihi wa miqdaarihil ‘adziim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Sayyidina Muhammad, pembuka segala yang terkunci, penutup nabi nabi yang terdahulu, penolong kebenaran dengan kebenaran, penunjuk menuju jalan-Mu yang lurus, serta kepada keluarga beliau, sahabat beliau, sesuai dengan kedudukan beliau yang agung.”

3 dari 3 halaman

Keutamaan Sholawat Fatih

Habib Novel menjelaskan, keutamaan sholawat Fatih ini ialah memudahkan pelajar atau santri menghafal. Jumlahnya tidak ditentukan tapi sebaiknya diistiqomahkan setidaknya dalam sehari dibaca.

"Baca sholawat Fatih ini terserah antum berapa kali yang penting bisa istiqomah. Ibu-ibu kalau pengen anaknya cerdas, (maka) jadikan sholawat ini andalan untuk urusan pendidikan, tapi sambil belajar, (bukan berarti) baca sholawat (kemudian) gak usah belajar," ujar Habib Novel.

Selain itu, keutamaan lain sholawat Fatih adalah menjadi pembuka rezeki yang seret.

"Nabi Muhammad SAW yang membuka segala sesuatu yang digembok (atau) yang terkunci. Surga yang luar biasa dibuka oleh kanjeng nabi, masa urusan duitmu bingung awakmu. Yang membuka (segala yang tertutup) dengan izin Allah Ta'ala adalah Nabi Muhammad SAW. Kita umatnya Nabi SAW, maka yo semangat alfatih," kata Habib Novel.

Habib Novel menyarankan agar menghayati bacaannya dan juga mengistiqomahkan sholawat fatih tersebut. Semoga keutamaan-keutamaannya dapat diraih bagi yang mengamalkannya. Aamiin. Wallahu ‘alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.