Sukses

Top 3 Islami: Hal Menakjubkan Terjadi saat Mbah Kholil Bangkalan Dituduh Memalsukan Uang, Hukum Tidak Sholat Jumat karena Pekerjaan

Artikel kedua yang juga populer adalah kisah karomah Syekh Nawawi al-Bantani yang membuat orang Arab takjub

Liputan6.com, Jakarta - Syaikhona Kholil Bangkalan dikenal sebagai guru dari banyak ulama di Nusantara. Tak hanya fasih ilmu agama, Mbah Kholil Bangkalan juga seorang penggerak perjuangan.

Makanya, Mbah Kholil diwaspadai oleh pemerintah Kolonial Belanda. Gerak-geriknya selalu diawasi. Mbah Kholil juga banyak dicari-cari kelemahannya.

Satu ketika, Mbah Kholil dituduh memalsukan uang. Namun, hal menakjubkan terjadi dalam sesi interogasi.

Kisah menakjubkan Mbah Kholil Bangkalan saat dituduh memalsukan uang untuk memberangkatkan orang-orang haji menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Jumat (30/8/2024).

Artikel kedua yang juga populer adalah kisah karomah Syekh Nawawi al-Bantani yang membuat orang Arab takjub.

Sementara, artikel ketiga yaitu hukum tidak sholat Jumat karena kesibukan pekerjaan menurut Buya Yahya.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Yang Terjadi Usai Mbah Kholil Bangkalan Ditangkap atas Tuduhan Memalsukan Uang Haji, Karomah Wali

Syaikhona Kholil Al-Bangkalani merupakan salah satu ulama Nusantara yang sampai hari ini masih dihormati oleh kalangan umat Islam. Bahkan, makamnya yang terletak di Desa Martajasah, Bangkalan tak sepi dari peziarah.

Kekeramatan Mbah Kholil Bangkalan tidak lepas dari karomahnya semasa hidup. Ya, guru KH Hasyim Asy’ari ini diyakini seorang wali Allah yang memiliki sejumlah karomah.

Karomah atau karamah adalah kemuliaan berupa sesuatu di luar logika manusia biasa yang Allah SWT berikan kepada hamba-hamba pilihan-Nya. Umumnya, yang mendapat karomah adalah kalangan wali Allah.

Ada banyak kisah yang menceritakan karomah Mbah Kholil. Salah satunya adalah kisah karomah Mbah Kholil ketika dituduh memalsukan uang haji. Mbah Kholil sempat ditangkap dan diinterogasi, tapi akhirnya dibebaskan.

Apa yang terjadi saat Mbah Kholil ditangkap atas tuduhan memalsukan uang haji? Simak kisah selengkapnya yang semoga memberi banyak hikmah.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Kisah Karomah Syekh Nawawi al-Bantani yang Bikin Takjub Orang Arab

Nama Syekh Nawawi al-Bantani dan Syekh Kholil Bangkalan sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya para santri.

Kedua ulama besar tanah air ini memang tak diragukan lagi kealimannya. Syekh Nawawi pernah didapuk menjadi imam Masjidil Haram hingga saking alimnya beliau mendapatkan gelar Sayyid Ulama al-Hijaz (Pemimpin Ulama Hijaz).

Demikian halnya dengan Syaikhona Kholil atau Syekh Kholil Bangkalan juga merupakan sosok ulama yang sangat alim dan menguasai berbagai disiplin keilmuan Islam.

Selain sebagai sosok ulama yang mumpuni dalam berbagai disiplin keilmuwan Islam, keduanya tersohor sebagai waliyullah yang memiliki banyak karomah dahsyat diantaranya ialah mampu menghadirkan belut di Arab dan mimpi mengaji 120 tahun.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Tidak Sholat Jumat karena Pekerjaan, Bolehkah? Ini Hukumnya Kata Buya Yahya

Sholat Jumat adalah kewajiban bagi setiap muslim laki-laki. Ibadah mingguan ini diwajibkan dengan beberapa syarat.

Ada kriteria tertentu untuk orang orang yang diwajibkan menjalankan sholat Jumat atau diistilahkan dengan syarat wajib pelaksanaan shalat Jumat.

Dalam Syarh al-Yaqut al-Nafis, Syekh Muhammad bin Ahmad al-Syathiri menyebutkan bahwa syarat wajib sholat Jumat ada tujuh. Seandainya tidak terpenuhi, maka tidak wajib menjalankan shalat Jumat.

Syarat wajib sholat Jumat yaitu Islam, baligh, berakal, merdeka (bukan budak), laki-laki, sehat jasmani, dan bermukim. Ulama kharismatik KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya menjelaskan soal syarat wajib bermukim.

"Wajib Jumat itu bagi laki-laki yang mukim, atau di satu tempat yang memang di tempat tinggal tersebut ada masjid yang mendirikan Jum'at," kata Buya Yahya, dikutip dari YouTube Al-Bahjah TV, Kamis (29/8/2024).

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.