Sukses

Kisah Khofifah Rela Sowan Ibunda Gus Iqdam, Ini Komentar Adem Bose ST Nyell

Menurut Gus Iqdam apa yang dilakukan Khofifah Indar Parawansa merupakan contoh bentuk sikap tawadhu seorang Khofifah yang begitu tinggi dalam menghormati yang lebih tua, dan juga menghormati ulama

Liputan6.com, Jakarta - Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam II Blitar Agus Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam memuji sosok bakal calon gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai teladan tokoh pemimpin yang penuh tawadhu dan andhap asor (rendah hati/santu).

"Ibu Khofifah sangat luar biasa, bagi saya beliau itu memang sosok wanita yang memang hebat. Nggih hebat, nggih cerdas," kata Gus Iqdam dalam acara maulid nabi dan pengajian akbar halaman Langgar Besar Miftahul Huda Rungkut Surabaya, Minggu (1/9) seperti keterangan diterima di Surabaya, Senin.

Ia menyebutkan bahwa pertemuan pertamanya dengan Khofifah terjadi di Makkah saat keduanya sama sama menunaikan haji tahun 2024. Dikatakan Gus Iqdam, saat itu Khofifah rela mendatangi hotelnya untuk menemui dirinya dan juga sang ibunda Gus Iqdam, Hj Nyai Lanratul Farida.

"Dan yang luar biasa, tidak semua orang bisa melakukan. Saya itu lebih muda, tapi beliau rela datang ke hotel saya. Pengen panggeh ibu kulo (ingin ketemu ibu saya), masya-Allah. Bayangkan beliau itu gubernur tapi mendatangi saya pengen (ingin) ketemu ibu saya. Bahkan saya ini kan mbulet kalau sudah masuk kamar, beliau itu rela menunggu," ujarnya, dikutip Antara.

Hal tersebut dikatakan Gus Iqdam merupakan contoh bentuk sikap tawadhu seorang Khofifah yang begitu tinggi dalam menghormati yang lebih tua, dan juga menghormati ulama. Dan hal itu memang selalu ditunjukkan Khofifah di setiap kesempatan.

"Maka tidak heran beliau ini ditinggikan derajat-nya sebagai pemimpin Jawa Timur. Saya juga tidak heran, karena beliau ini salah satu orang yang mengamalkan apa yang dikatakan Rosulullah," kata Gus Iqdam, yang juga dijuluki Bose ST Nyell.

"Barang siapa yang tawadhu karena Allah, andhap ashor karena Allah, maka akan ditinggikan derajat-nya oleh Allah. Semoga Bu Khofifah dalam setiap langkahnya dan hajatnya diijabah (kabulkan) oleh Allah, dan mendapatkan perlindungan dari Allah," lanjutnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Khofifah untuk Gus Iqdam dan Jemaah

Tak hanya itu, keteladanan seorang Khofifah yang juga begitu dirasakan selama Gus Iqdam ibadah haji di Makkah. Beberapa hari di sana ia mengaku tidak enak makan. Tapi oleh Khofifah dikirimi aneka gorengan sampai juga sayur lodeh dan masakan Indonesia yang lain.

Hal itu membuatnya sangat tersanjung lantaran seorang gubernur tapi justru mau repot-repot mengirimkan makanan pada beliau dan keluarga ketika di Makkah.

Saat menyampaikan sedikit sambutan, Khofifah juga turut mengajak seluruh jamaah yang hadir untuk mendoakan Gus Iqdam. Menurutnya merupakan sosok muda yang getol mengajak kebaikan khususnya para generasi muda.

"Kita doakan Gus Idam sehat, kuat, dan dipanjangkan umurnya oleh Allah, panjang umurnya dalam ketaatan, umurnya manfaat barokah," tutur Khofifah.

Tidak hanya itu, para masyarakat yang hadir dalam majelis pengajian dan mauludan itu untuk membaca shalawat Thibbil Qulub. Dikatakannya, menurut Syech Yusuf bin Ismail jika shalawat Thibbil Qulub dibaca 2.000 kali maka insya Allah, Allah akan mengangkat semua penyakit lahir dan batin. Sementara yang hadir ini ribuan jamaah.

"Saya juga mohon doa panjenengan (Anda) semua, semoga Allah mudahkan semua langkah kita, Allah ijabah semua hajat-hajat kita," ujar Khofifah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.