Sukses

Syekh Ali Jaber Ungkap Manfaat Ajaib Mendengarkan Al-Qur’an saat Tidur

Saat tidur mendengar bacaan Al-Qur'an menurut Syekh Ali Jaber memiliki manfaat yang dahsyat.

Liputan6.com, Cilacap - Pendakwah tanah air asal Madinah, Arab Saudi Syekh Ali Jaber membeberkan seputar manfaat dahsyat mendengar bacaan Al-Qur’an saat tidur.

Dalam salah satu kesempatan tausiyahnya, mubaligh kelahiran Madinah pada 03 Februari 1976 yang silam menyampaikan keajaiban yang terjadi saat seseorang melaksanakan aktivitas ini.

Menurutnya, seseorang yang tidur sambil mendengarkan Al-Qur’an akan memiliki efek dahsyat yakni akan terekam di dalam otak.

"Mendengar Al-qur'an ketika tidur terekam di dalam otak,” paparnya dikutip dari tayangan YouTube Short @mubairohaniah-94, Sabtu (07/09/2024).

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saat Tidur Otak Masih Aktif

Syekh Ali Jaber menegaskan bahwa saat tidur otak masih tetap aktif sehingga bisa menangkap sesuatu meskipun dalam kondisi tidur.

“Karena kalau kita tidur, semua yang ada di dalam tubuh badan kita menurun, drop kecuali satu yang aktif pas kita tidur, apa? Otak,” terangnya.

Ia juga membeberkan hasil penelitian dokter otak yang menemukan energy dahsyat yang dipancarkan sebab mendengarkan suara al-Qur’an saat orang sedang tidur.

“Otak aktif, makanya kalau ada orang sering sakit kepala ingin diperiksa otaknya dikasih obat tidur baru dipasang alatnya supaya kita tahu keadaan otaknya apa,” tuturnya.

"Makanya dipertemukan ahli teliti khususnya para dokter otak menemukan begitu dahsyat energi dan manfaatnya suara al-Qur'an bagi orang yang tidur,” jelasnya.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Mendengarkan Al-Quran saat Tidur

Menukil Republika, di dalam ajaran agama Islam, membaca Alquran menjadi ibadah dan amal yang mendapat pahala serta rahmat. Bahkan mendengarkan bacaan Alquran saja mendapatkan pahala dan rahmat dari Allah SWT.  

Sebahagian ulama mengatakan bahwa mendengarkan orang membaca Alquran pahalanya sama dengan orang yang membacanya.

Tentang pahala orang yang mendengarkan bacaan Alquran dijelaskan dalam Surat Al A'raf Ayat 204. 

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَاِذَا قُرِئَ الْقُرْاٰنُ فَاسْتَمِعُوْا لَهٗ وَاَنْصِتُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ 

Jika dibacakan Alquran, dengarkanlah (dengan saksama) dan diamlah agar kamu dirahmati. (QS Al-A‘raf Ayat 204) 

Mendengarkan bacaan Alquran dengan baik, dapat menghibur perasaan sedih, menenangkan jiwa yang gelisah dan melunakkan hati yang keras, serta mendatangkan petunjuk. Itulah yang dimaksudkan dengan rahmat Allah, yang diberikan kepada orang yang mendengarkan bacaan Alquran dengan baik. 

Demikian besar mukjizat Alquran sebagai wahyu Ilahi, yang tidak bosan-bosan orang membaca dan mendengarkannya. Malahan semakin sering orang membaca dan mendengarkannya, semakin terpikat hatinya kepada Alquran.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.