Sukses

Rajin Sholat Dhuha tapi Rezeki Masih Seret, Apa Penyebabnya?

Empat hal ini bisa jadi penyebab rezeki tak lancar meskipun sudah rajin sholat dhuha. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Rezeki setiap makhluk hidup telah dijamin oleh Allah SWT. Meskipun demikian, kita tetap harus mencari rezeki dengan berusaha dan berdoa.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan misalnya dengan bekerja, berdagang, dan pekerjaan lainnya selama itu halal. Selain itu, sebagai seorang muslim juga dapat berikhtiar dengan rutin melaksanakan sholat dhuha.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sholat dhuha merupakan salah satu sholat sunnah yang dapat menjadi amalan pelancar rezeki

يا ابنَ آدمَ اركعْ لي من أولِ النهارِ أربعَ ركَعاتٍ أكْفِكَ آخِرَه

Artinya: "Wahai anak Adam, rukuklah (sholatlah) karena Aku pada awal siang (sholat dhuha) empat rakaat, maka Aku akan mencukupi (kebutuhan)mu sampai sore hari." (HR Tirmidzi)

Kendati demikian, banyak juga orang yang rajin sholat dhuha tapi rezekinya masih terasa sulit. Lantas, apakah penyebabnya? Berikut uraiannya mengutip dari laman cahayaislam.id.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Salah Niat

Ada banyak sekali keutamaan sholat dhuha. Dalam kajian agama Islam yang menjadi penekanan adalah sebagai amalan yang bisa melancarkan rezeki. Memang benar ini merupakan salah satu keutamaannya. Namun, jangan sampai kita menjadi salah niat. Maksudnya, semua ibadah termasuk sholat dhuha niatnya harus tetap karena Allah ta’ala.

Kita harus benar-benar tulus ikhlas melaksanakan sholat dhuha untuk mencari pahala dari Allah, bukan ingin memuluskan rezeki, karena jika kita ingin rezeki lancar maka harus berusaha dan berdoa. Namun, jika melaksanakan sholat dhuha dengan niat yang suci, Insya Allah rezeki akan lancar. 

2. Kurang Sedekah

Kita bisa menemukan kajian Islam tentang dalil-dalil yang menjelaskan tentang keutamaan sedekah. Salah satunya adalah harta anda akan dilipat gandakan oleh Allah. Namun, banyak orang yang masih terlalu sayang untuk mensedekahkan sebagian kecil hartanya.

Jika kita rajin sholat dhuha tetapi masih pelit untuk bersedekah, jangan heran kalau rezeki masih seret sampai sekarang. Jadi, agar rezeki selalu lancar, selain berusaha, berdoa, dan sholat dhuha dengan niat yang benar, kita juga harus bersedekah. Mudah-mudahan ini bisa menyadarkan kita betapa mulianya bersedekah.

Keutamaan sedekah ini dijelaskan oleh Allah dalam Al-Qur’an surah Al-Hadid ayat 18:

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”

3 dari 3 halaman

3. Melupakan Ibadah Lain dan Berbuat Maksiat

Apakah dengan rajin sholat dhuha maka otomatis rezeki akan lancar? Tentu saja tidak. Terlebih, banyak orang yang memprioritaskan sholat dhuha hanya karena ingin rezekinya lancar tapi melupakan ibadah lainnya. Misalnya, kita rajin sholat dhuha tetapi sering meninggalkan sholat 5 waktu, puasa, dan lain sebagainya.

Maka, sholat dhuha akan sia-sia. Bahkan, banyak juga orang yang rajin sholat dhuha tetapi masih saja melakukan maksiat. Tentu saja ini malah menjauhkan rezeki. Oleh karena itu, kajian Islam ini mengajak kita untuk melaksanakan sholat dhuha tanpa meninggalkan ibadah lainnya, baik itu yang wajib maupun sunnah.

4. Rezeki Bukan Hanya Uang

Banyak orang berfikir bahwa rezeki itu berupa uang. Padahal, banyak orang di luar sana memiliki harta melimpah namun tak bisa menikmatinya karena penyakit yang dideritanya ataupun masalah yang dihadapinya. Maka, kajian Islam ini mengajak anda untuk meluruskan pemikiran ini bahwa pada hakekatnya, rezeki buka hanya berupa uang.

Justru kesehatan, kebahagiaan, ketenangan, istri, anak, dan keluarga kita adalah rezeki yang tak tertandingi. Jadi, jangan melupakan rezeki non materiil yang diberikan kepada Allah. Sudah seharusnya kita bersyukur akan semua itu.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa kita harus selalu berusaha untuk mencari rezeki dan jangan lupa untuk berdoa kepada Allah. Sholat dhuha memiliki keutamaan untuk memperlancar rezeki namun jangan sampai kita salah niat, pelit untuk bersedekah, melupakan ibadah lain, dan lupa bahwa rezeki yang diberikan oleh Allah kepada kita bisa berupa hal lain selain uang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.