Sukses

Rayakan Maulid Nabi, Masjid Annur di Tangcity Gelar Shalawatan dan Santunan Yatim

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) An Nuur, Suhartono berharap acara ini bisa menjadi tradisi tahunan yang dinantikan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Masjid An Nuur yang berada di Tangcity Mall menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Kamis, 3 Oktober 2024. Dalam acara yang dihadiri sekitar 200 orang tersebut, diisi dengan shalawatan dan kegiatan sosial. 

Perayaan ini merupakan salah satu upaya untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang jatuh pada 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriah, atau 16 September 2024. Dalam kesempatan ini, ada penampilan Hadroh dan ceramah agama oleh Ust. Faiz Fikri Al Fahmi.

Rawanto, Building Manager Tangcity Mall, menyatakan kegiatan ini diadakan untuk seluruh karyawan, tenant, dan pengunjung Tangcity Mall, serta sebagai bentuk apresiasi atas dukungan yang diberikan oleh masyarakat Tangerang.

"Perayaan ini adalah wujud dari usaha bersama untuk mempererat tali silaturahmi dan memperkuat iman serta kecintaan kepada Allah SWT," ungkapnya.

Selain acara keagamaan, Tangcity Mall juga membagikan santunan kepada 30 anak yatim. Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) An Nuur, Suhartono berharap acara ini bisa menjadi tradisi tahunan yang dinantikan masyarakat.

"Semoga peringatan ini dapat terus berlanjut dan memberi manfaat spiritual bagi umat," ujarnya.

Acara ini menggambarkan komitmen Tangcity Mall dalam mendukung kegiatan keagamaan dan sosial di masyarakat, serta memperkuat keimanan dan semangat kebersamaan antarwarga Kota Tangerang.

2 dari 2 halaman

Lestarikan Tradisi Perahu Kalipasir

Perayaan maulid Nabi di Kota Tangerang dirayakan dengan menjalankan tradisi turun temurun yang sudah dijalankan sejak tahun 1939. Sekretaris DKM Masjid Al Ittihad kota Tangerang menjelaskan, Gus M Imron Farhani mengatakan tradisi tersebut diadakan setiap memperingati Maulid Nabi dan sudah berjalan ratusan tahun.

“Arak-arakan perahu Kalipasir adalah tradisi yang sudah ada sejak tahun 1939. Tradisi tersebut diadakan setiap memperingati Maulid Nabi dan sudah berjalan ratusan tahun,” kata Gus Imron seperti dikutip dari siaran pers, Senin (16/9/2024).

Dia menyampaikan, Masjid Agung Al Ittihad sebagai salah satu masjid tertua di Kota Tangerang yang berada di Kalipasir. Dia menyampaikan, dalam penuyelenggaraan acara ini mereka berkolaborasi dengsn PC Fatayat NU Kota Tangerang dan DKM Masjid Jami’ Kalipasir.

Menanggapi kegiatan tersebut, Ketua DKM Masjid Kalipasir Ustaz Feri mengaku gembira dengan adanya kolaborasi. Dia optimis, kolaborasi bisa terus terjalin dengan baik dan menambah keberkahan.

“Semoga kolaborasi ini bisa terus terjalin dengan baik dan menambah keberkahan. Tidak hanya semangat yang tapi imannya juga tambah,” yakin Feri.

Kemudian, Ketua PC Fatayat NU Kota Tangerang Noni Menawati mengatakan acara tahun ini berjudul Syi’ar, Tradisi, dan Toleransi Keberagamaan. Selain arak-arakan perahu maulid Kalipasir, acara juga dimeriahkan dengan drum band dari Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Tangerang, lomba kirab santri se Kota Tangerang, arak-arakan ASN Pemkot Tangerang, serta arakan 25 gunungan dari 25 Kelurahan di dua Kecamatan Karawaci dan Tangerang.

“Acara juga diisi pembacaan rawi al Barjanzi, Pelatihan Digital Video Editing untuk perempuan muda Tangerang, makan bersama nasi kebuli 1446 porsi, dan di akhiri dengan penampilan Gambus El Corona,” ungkap Noni.

Dia berharap, lewat acara tersebut umat Islam bisa selalu ingat akan perjuangan nabi dalam mensyi’arkan Islam yang membawa kedamaian, agama yang mengajarkan toleransi, dan agama yang membawa rahmat bagi seluruh umat manusia.

“Selain untuk syiar Islam, acara juga sebagai ungkapan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Tradisi memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad adalah sebuah tradisi yang harus dirawat dan dijaga dengan baik,” Noni menutup.