Sukses

Ingin Sembuh Total dari Penyakit? Baca Doa Ini kata Ustadz Adi Hidayat

UAH beberkan amalan atau doa untuk kesempuhan segala penyakit

Liputan6.com, Cilacap - Pendakwah muda asal Banten, Ustadz Adi Hidayat (UAH) membeberkan amalan atau doa ketika kita sedang sakit.

Menurut alumnus Kulliyah dakwah Islamiyah, Tripoli, Libya ini, jika doa ini dibaca, maka keutamaannya mampu menyebuhkan secara total penyakit yang kita derita.

Doa sebagaimana diungkap oleh UAH ini bukan hanya sakit yang sifatnya fisik saja, melainkan juga untuk kesembuhan penyakit jiwa.

Lantas bagaimana doa untuk kesembuhan segala penyakit ini dan bagaimana cara mengamalkannya?

Simak ulasannya berikut ini sebagaimana dikutip dari tayangan YouTube Short @tunas production8588, Minggu (06/10/2024).

 

Simak Video Pilihan Ini:

2 dari 4 halaman

Lafal Doa dan Cara Mengamalkannya

Menurut UAH cara mengamalkan doa ini yakni dengan terlebih dulu mengerjakan sholat sunah di malam hari dan ketika sedang sujud memohon kepada Allah SWT.

Adapun lafal doa sebagaimana dikemukakan oleh beliau ini merupakan doa Nabi Ayub AS ketika dirinya ditimpa penyakit yang parah sebagaimana termaktub dalam Al-Qur’an Surah Al-Anbiya : 83 berikut ini,

وَاَيُّوْبَ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗٓ اَنِّيْ مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَاَنْتَ اَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ ۚ

“Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, “(Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.”

3 dari 4 halaman

Langsung Dikabulkan oleh Allah

Menurut UAH doa ini sebagaimana keterangan Al-Qur'an yang merypakan lanjutan dari ayat di atas bahwa doa Nabi Ayub tersebut langsung dikabulkan oleh Allah SWT.

“Kata Allah aku langsung dijawab doanya,” tandas UAH.

 Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al-Anbiya ayat 84:

فَاسْتَجَبْنَا لَهٗ فَكَشَفْنَا مَا بِهٖ مِنْ ضُرٍّ وَّاٰتَيْنٰهُ اَهْلَهٗ وَمِثْلَهُمْ مَّعَهُمْ رَحْمَةً مِّنْ عِنْدِنَا وَذِكْرٰى لِلْعٰبِدِيْنَ ۚ

"Maka Kami kabulkan (doa)nya, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan (Kami lipat gandakan jumlah mereka) sebagai suatu rahmat dari Kami, dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Kami.

“Aku sembuhkan penyakitnya, maka kami singkap semua rasa sakit yang ia alami,” sambungnya 

4 dari 4 halaman

Penyakitnya Sembuh Total

Berkah doa, ini menurut UAH bahwa penyakit yang kita alami akan sembut total, termasuk juga di dalamnya doa ini diperuntukan bagi orang-orang yang jiwanya sedang sakit. 

“Bukan cuma sembuh, rasa sakitnya disingkap semua sehingga seakan-akan tidak ada rasa sakit yang terasa di badan kita, bahkan, di jiwa kita," tuturnya.

"Kadang orang badannya sehat, hatinya sakit, ini disingkap semua oleh Allah," sambungnya.

“Dan yang paling menarik di ujung ayatnya ini, pengingat bagi setiap hamba Allah, jika dia sakit dan berzikir sama seperti Ayub AS, aku akan sembuhkan ia seperti aku sembuhkan Ayub,” pungkasnya.

Penulis: Khazim Mahrur/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul