Sukses

3 Amalan yang Datangkan Keberkahan Hidup dari Syekh Ali Jaber

Ulama Madinah Syekh Ali Jaber semasa hidupnya pernah membagikan ilmu agar kehidupan muslim diberkahi Allah SWT. Menurutnya, ada tiga hal yang harus dilaksanakan muslim jika ingin hidupnya berkah.

Liputan6.com, Jakarta - Umat Islam mendambakan keberkahan dalam kehidupannya, mengharapkan pahala yang sempurna dari semua amal ibadahnya, dan mendapatkan karunia Allah SWT di mana pun mereka berada.

Berkah dapat diartikan sebagai ziyadatul khair atau bertambahnya kebaikan. Artinya, jika apa yang dilakukan muslim menghasilkan kebaikan, maka termasuk berkah. Sebaliknya, tidak berkah jika yang didapatkan justru mendatangkan keburukan.

Ulama Madinah Syekh Ali Jaber semasa hidupnya pernah membagikan ilmu agar kehidupan muslim diberkahi Allah SWT. Menurutnya, ada tiga hal yang harus dilaksanakan muslim jika ingin hidupnya berkah. 

1. Membaca Al-Qur'an

Pertama adalah membaca Al-Qur'an. Syekh Ali Jaber mengatakan, banyak yang cinta pada Allah dan rasul-Nya tapi tidak sedikit yang belum bisa menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidupnya.

"Kita harap Allah memberikan keberkahan dalam kehidupan kita, tapi kita ummatul qur'an, umat Nabi Muhammad yang kita akui cinta Allah cinta Rasulullah SAW, tapi Al-Qur'an pun kita belum bisa menjadi bahan budiman dalam kehidupan kita," kata Syekh Ali Jaber dikutip dari YouTube MataHati Islami, Kamis (10/10/2024).

Menurutnya, banyak umat Islam di zaman sekarang yang hanya membaca Al-Qur'an kala butuh saja. 

"Kalau dia takut kemiskinan dan kefakiran, dia baca Al-Waqiah. Kalau istrinya lagi hamil supaya mendapatkan anak yang taat atau anak yang gagah atau perempuan yang cantik, dia membaca (surah) Maryam atau surah Yusuf. Kalau ada orang yang meninggal, dia baca surah Yasin. Tapi kalau tidak ada hubungan dan keperluan, kita tidak baca sama sekali," jelas Syekh Ali Jaber.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 3 halaman

2. Mendirikan Sholat

Cara kedua agar mendapatkan keberkahan hidup adalah mendirikan sholat. Sholat adalah ibadah yang wajib dilakukan muslim setidaknya lima waktu dalam sehari.

"Senantiasa mereka mendirikan sholat. 'Aqamu' beda dengan 'amilu'. Bukan (hanya) kerjakan sholat, tapi mendirikan sholat, menghargai sholat, mengutamakan sholat, memuliakan sholat," kata Syekh Ali Jaber.

3 dari 3 halaman

3. Berinfaq

Cara yang ketiga agar diberkahkan hidupnya adalah berinnfaq atau bersedekah dari sebagian harta yang dimiliki.

"Mereka yang senantiasa menyedekahkan sebagian dari rezeki yang diberikan oleh Allah secara terang-terangan maupun sembunyi," kata Syekh Ali Jaber.

Menurutnya, sekali-kali boleh bersedekah dengan secara terang-terangan, tapi harus lebih sering secara tersembunyi.

"Dengan tiga hal ini akan Allah berikan karunia. Kalau kita amalkan tilawatul Qur'an, membaca kitabullah,  dan mendirikan solat, kemudian bersedekah dari setiap sebagian rezeki yang diberikan oleh Allah semampu kita, akan Allah berikan karunia yang luar biasa," katanya menyimpulkan. 

Wallahu a’lam.