Sukses

Lupa Sebagian Ayat saat Membaca Surah selain Al-Fatihah, Langsung Rukuk atau Ganti Surah? Begini Penjelasan UAH

Ini penjelasan UAH saat lupa sebagian ayat ketika membaca surah selain Al-Fatihah saat sedang sholat.

Liputan6.com, Cilacap - Lupa sebagian ayat dari surah selain surah Al-Fatihah yang dibaca ketika sholat sangat mungkin terjadi. Terlebih jikalau kita sedang belajar menjadi Imam sholat.

Jika hal ini terjadi, pertanyaannya ialah apa yang sebaiknya dilakukan? Apakah boleh langsung ruku atau mengganti dengan surah lain?

Hal ini juga yang ditayakan salah seorang jemaah kepada Ustadz Adi Hidayat (UAH) sebagaimana dikutip dari tayangan YouTube Bersinergi Dalam Kebaikan, Sabtu (12/11/2024).

"Jika dalam sholat kita lupa surah yang sedang dibaca sebaiknya berusaha mengingat, mengulang dari awal atau bisa langsung rukuk?” demikian pertanyaan salah seorang jemaah sebagaimana dibacakan UAH.

Menanggapi pertanyaan ini, mubaligh kondang asal kota Jawara, Banten memberikan 3 alternatif solusi tatkala kita menghadapi permasalahan seperti itu.

 

Simak Video Pilihan Ini:

2 dari 4 halaman

Berusaha Mengingat

UAH menjelaskan solusi pertama jika permasalahan lupa ayat ini terjadi saat sedang sholat yakni dengan cara berusaha mengingatnya kembali.

Caranya ialah dengan mengulang apa yang tadi telah kita baca setidaknya dari kalimat sebelumnya.

“Pertama berusaha mengingat, caranya bagaimana? caranya coba diulang apa yang kita baca tadi, setidaknya dari kalimat sebelumnya atau kalimat awal ayat sebelumnya,” jawab UAH.

3 dari 4 halaman

Boleh Langsung Rukuk, Asal..

UAH menjelaskan bahwa boleh saja langsung ruku asalkan membaca surah tadi telah sampai pada batas surah terpendek dalam Al-Qur’an.

Artinya, batas bacaan surah tadi, meskipun telah selesai tapi telah mencukupi atau bisa dikatakan seimbang dengan ayat Al-Qur’an yang paling pendek, yakni Surah Al-Kautsar.

“Jikalau yang ketiga belum bisa kita ulang lagi dan lupa maka tinggal dicek ukurannya, apakah kita sudah mendapatkan batas Al-Kautsar atau belum?” jelasnya.

“Al-Kautsar itu surah paling pendek dalam Al-Qur’an, itu ukuran yang dibenarkan sepanjang ukuran itu kita bisa langsung rukuk,” sambungnya.

4 dari 4 halaman

Mengganti dengan Surah Lain yang Telah Dihafal

Lebih lanjut UAH menjelaskan, jikalau kita memiliki perasaan yang tidak nyaman sebab yang kita baca ialah surah yang tergolong Juz 'Amma, yang boleh dibilang bukan surah yang panjang, maka kita boleh mengganti dengan surah yang sudah pasti kita telah menghafalnya.

“Jikalau kita merasa tidak enak, boleh baca surah lain yang lebih pendek, masa juz ‘Amma tidak sempurna, misalnya," paparnya

“Jikalau merasa tidak nyaman karena ini Juz ‘Amma, tidak enak kalau tidak tuntas maka boleh kita pindah ke surah yang paling kita hafal dan jangan merasa sungkan dan merasa gengsi di situ,” imbuhnya.

Penulis: Khazim Mahrur/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul