Sukses

Syekh Ali Jaber Ungkap 2 Amalan untuk Meraih Rezeki Berkah Melimpah

Syekh Ali Jaber dalam ceramahnya menjelaskan tentang dua amalan yang dapat dilakukan sebelum mencari nafkah dan rezeki. Hal ini menjadi bagian dari ikhtiar dan doa kepada Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta - Rezeki yang lancar dan berkah tentunya harapan bagi setiap orang. Namun, seringkali kita juga merasa khawatir perihal rezeki tersebut.

Padahal, sejatinya Allah SWT telah menjamin rezeki bagi setiap makhluk-Nya termasuk manusia. Sebagaimana tercantum dalam QS. Hud ayat 6: 

“Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).”

Dalam mencari rezeki yang berkah seorang muslim harus berusaha dengan giat. Tentunya usaha tersebut harus sejalan dengan prinsip-prinsip syariat agama.

Kerja keras memang kunci utama. Namun tak cukup hanya itu, ada beberapa ikhtiar yang dapat dilakukan sebelum mencari nafkah dan rezeki sebagaimana disampaikan oleh Syekh Ali Jaber dalam tayangan YouTube Dunia Dakwah, Senin (14/10/2024).

 

Saksikan Video Pilihan ini:

2 dari 3 halaman

1. Membaca Doa Keluar Rumah

Syekh Ali Jaber menjelasakan bahwa ada 2 amalan yang perlu dilaksanakan sebelum mulai bergerak mencari nafkah dan rezeki. Amalan pertama yaitu, membaca doa keluar rumah.

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja.”

"Ketika kita mengucapkan doa tersebut maka akan Allah berikan perlindungan. Jadi apa pun persoalan dalam perjalanan, kita akan dijauhkan oleh Allah dari hal-hal buruk," kata Syekh Ali Jaber.

"Akan kita dapat petunjuk, dapat kecukupan dan perlindungan. Kecukupan mencari rezeki kemudian perlindungan dari kecelakaan, dari hal-hal yang buruk yang kita tidak diharapkan, bahkan Allah memberikan petunjuk, selalu membawa yang terbaik, di mana arahannya akan Allah tunjukkan mana yang terbaik," sambungnya.

Oleh karena itu, langkah pertama yang penting bagi kita ketika mulai melangkah untuk mencari nafkah dan rezeki adalah membaca doa keluar rumah.

3 dari 3 halaman

2. Sholat Subuh dan Membaca Istighfar

Amalan kedua yang dapat dilakukan adalah bangun untuk melaksanakan sholat subuh. Syekh Ali Jaber menyebutkan jika kunci rezeki adalah sholat terutama sholat subuh.

"Sholat subuh membawa keberkahannya luar biasa. Oleh karena itu jemaah sekalian, semakin jauh kita dari sholat akan sempit rezeki bahkan bisa menjauhkan dari rezeki," tuturnya.

Lebih lanjut, beliau juga menyebutkan pentingnya untuk membaca istighfar. 

"Tidak ada ahli istighfar yang susah rezeki. Kalau saya sebutkan ahli istigfar berarti Bapak Ibu diusahakan sepanjang hari kita beristigfar. Dan istigfar yang terbaik adalah di waktu sahur. Tolong isi dengan istighfar karena Allah puji hamba-hamba yang beristigfar di waktu sahur," jelasnya.

"Allah gambarkan di dalam surah Nuh, istigfar menjaminkan rezeki, menjaminkan turunnya hujan membawa rezeki. Kemudian istighfar bukan hanya memberikan rezeki harta, tapi rezeki keturunan anak sholeh sholeha, anak penghafal hafal Al-Qur'an, anak yang berbakti baik," pungkasnya.

Itighfar termasuk amalan sederhana tapi mengandung manfaat yang luar biasa. Astaghfirullah wa atubu ilaih.