Sukses

Puasa Ayyamul Bidh Rabiul Akhir: Jadwal Oktober 2024, Niat dan Keutamaannya

Puasa Ayyamul Bidh adalah amalan yang secara khusus dikerjakan pada 13, 14, dan 15 setiap bulan dalam kalender Hijriah. Puasa Ayyamul Bidh Rabiul Akhir 1446 H bertepatan pada Oktober 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang pertengahan Rabiul Akhir 1446 H, muslim jangan melewatkan satu amalan yang jika dilakukan pahalanya seperti puasa sepanjang tahun. Amalan itu adalah puasa Ayyamul Bidh.

Puasa Ayyamul Bidh adalah amalan yang secara khusus dikerjakan pada 13, 14, dan 15 setiap bulan dalam kalender Hijriah. Momentum puasa Ayyamul Bidh dapat dimanfaatkan bagi yang masih punya utang puasa Ramadhan agar mendapatkan pahala dobel.

Puasa Ayyamul Bidh dianjurkan dilaksanakan oleh Rasulullah SAW. Dasar pengamalan puasa ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan ra, bahwa ia berkata,

"Rasulullah SAW telah memerintahkan untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15." (HR Abu Dawud). (An-Nawawi, Riyâdhus Shâlihîn, juz II, h. 81)

Adapun puasa Ayyamul Bidh Rabiul Akhir 1446 H jatuh pada pertengahan Oktober 2024. Berikut jadwal, niat, dan keutamaannya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 4 halaman

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Oktober

Jadwal puasa Ayyamul Bidh Rabiul Akhir 1446 di bulan Oktober 2024 ini merujuk pada kalender Hijriah yang dikeluarkan Kemenag.

  • Rabu, 16 Oktober 2024 M/13 Rabiul Akhir 1446 H
  • Kamis, 17 Oktober 2024 M/14 Rabiul Akhir 1446 H
  • Jumat, 18 Oktober 2024 M/15 Rabiul Akhir 1446 H
3 dari 4 halaman

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Berikut ini lafal niat puasa Ayyamul Bidh.

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى  

Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta’âlâ.   

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

Sebagaimana puasa sunnah pada umumnya, waktu niat puasa Ayyamul Bidh sejak malam hari sampai sebelum masuk waktu zawal, posisi matahari condong ke barat. Dengan catatan, belum makan ataupun minum apa-apa sejak terbit fajar hingga waktu niat dilakukan.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Bagi yang melaksanakan puasa Ayyamul Bidh akan meraih keutamaan luar biasa, di antara keutamaannya seperti puasa sepanjang tahun. Keutamaan ini berdasarkan hadis riwayat Bukhari nomor 1979.

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun,” demikian sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ’As. 

Demikian penjelasan jadwal puasa Ayyamul Bidh Rabiul Awal 1446 H di bulan September 2024 lengkap panduannya. Semoga pada waktunya kita bisa mengamalkan amalan sunnah ini. Aamiin. Wallahu a’lam.