Sukses

Simpan Kalimat Singkat Ini dalam Hati, Insya Allah Hidup Tenteram Bebas Cemas Kata UAH

UAH beberkan kalimat singkat yang membuat hidup kita menjadi tenteram.

Liputan6.com, Cilacap - Pendakwah muda asal Banten Ustadz Adi Hidayat (UAH) membocorkan kalimat singkat yang keutamaannya sangat besar. Adapun keutamaan yang dimaksud ialah mampu membuat hidup kita tenteram.

Tentu saja hidup tenteram ini merupakan tujuan semua manusia. Taka da satupun yang menginginkan sengsara dalam hidupnya.

Kalimat ini jika selalu ada dalam hati, mustahil kita akan merasakan kehidupan yang tersiksa. Dalam istilah UAH, kalimat ini sangat mahal.

“Ada satu kalimat yang sangat mahal yang kalau kita punya ini tentram kehidupan dunia,” kata UAH dikutip dari tayangan YouTube Short @fian_fizone_, Kamis (17/10/2024).

 

Simak Video Pilihan Ini:

2 dari 3 halaman

Ini kalimatnya

UAH menjelaskan bahwa kalimat yang membuat kita selalu merasa tenteram dalam hidup ialah hanya tiga kata yang terangkai dalam kalimat 'Aku punya Allah.'

"Kalimatnya singkat cuma tiga kata ‘aku punya Allah, aku punya Allah. Ini kalimat yang mahal yang jarang dimiliki sampai hari ini," terang UAH.

Kalimat ini jikalau selalu kita ingat dan diresapi sampai ke hati mustahil manusia akan bersedih. Sebab segala urusan manusia yang menentukan hanya Allah SWT dan yang terjadi ialah kehendak Allah dan itu yang terbaik untuk diri kita.

"Kenapa engkau begitu tegar, padahal masalah rumah tangga kamu itu begitu pelik? Aku punya Allah. Allah pasti akan berikan solusi. kamu kok kelihatannya biasa-biasa saja sih padahal kan kemarin pekerjaan kamu gagal? Aku punya Allah, Allah sudah kasih rezeki. Rezeki aku sudah Allah tetapkan, Aku punya Allah, kalimat ini yang mahal sekarang," tandasnya

3 dari 3 halaman

Kunci Hidup Tenteram dalam Islam

Menukil ejournal.uinsaizu.ac.id, dalam Al-Qur’an yang menyebutkan bahwa ketenteraman hidup erat kaitannya dengan ketenangan hati di mana ketenangan hati akan diperoleh dengan cara selalu mengingat Allah atau melalui zikir.

Ini terdapat dalam Al-Qur’an Surah Ar-Ra’dayat 28, yakni;“Orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, Hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.”

Menurut al- Jauziyah memiliki, zikir mempunyai banyak manfaat, salah satunyaialah sebagai makanan hati dan ruh, membersihkan hati dari kotoran, menghadirkanketenangan serta senantiasa dibawah naungan Allah SWT (Arroisi, 2020).

Secara fungsional, zikir akan mendatangkan kebahagiaan, menentramkan jiwa, serta sebagaiobat penyakit hati. Seseorang yang terbiasa berzikir, ia akan merasa dirinya dekat dengan Allah, berada dalam lindungan-Nya yang kemudian akan membangkitkan rasa percaya diri, perasaan aman, kekuatan, tentram dan bahagia.

Secara biopsikologi, zikirbisa membuat seseorang merasa tenang sehingga menekan kerja sistem syarafsimpatetis dan mengaktifkan kerja syaraf parasimpatetis (Kamila, 2020).

Penulis: Khazim Mahrur/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul