Sukses

3 Amalan sebelum Sholat yang Dapat Menghapus Dosa, Dibagikan Buya Yahya

Ulama menjelaskan bahwa ampunan Allah SWT dapat diraih dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menyempurnakan perintah Allah dan berusaha menjauhi larangannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai seorang hamba, perbuatan kita tidak luput dari dosa. Karena itu, mendapatkan ampunan dari Allah SWT merupakan suatu harapan bagi setiap muslim.

Ulama menjelaskan bahwa ampunan Allah SWT dapat diraih dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menyempurnakan perintah Allah dan berusaha menjauhi larangannya.

Mengenai ampunan Allah, Pengasuh LPD Al Bahjah KH Yahya Zainul Ma'arif alias Buya Yahya menjelaskan dengan mengutip sabda Rasulullah SAW berikut.

"Diriwayatkan dari Imam Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda, ‘Tidakkah engkau ingin untuk aku beritahu satu amalan yang jika engkau lakukan Allah hapus kesalahanmu dan Allah akan mengangkat derajatmu?’

Para sahabat menjawab, “Benar ya Rasulallah, kami ingin kau beri amalan yang Allah akan mengampuni dosaku dan mengangkat derajatku. Kata Nabi, ‘Sempurnakan wudhu, perbanyak melangkahkan kaki ke masjid, menanti datangnya waktu sholat’," demikian disampaikan Buya Yahya dikutip, dari YouTube Al-Bahjah TV, Jumat (18/10/2024).

Buya Yahya menjelaskan dengan gamblang ketiga amalan sebelum sholat yang bisa menghapus dosa dan mengangkat derajat tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 3 halaman

Penjelasan Buya Yahya soal Menyempurnakan Wudhu

Menyempurnakan wudhu adalah dengan memperhatikan sunah-sunah dalam berwudhu, karena memenuhi rukun wudhu itu sudah jelas hal yang diwajibkan.

"Maksudnya, berwudhu yang sempurna. Jangan buru-buru, khususnya waktu Anda tidak senang bersentuhan dengan air (karena) dingin," jelas Buya Yahya.

Buya Yahya mengingatkan, meskipun dianjurkan menyempurnakan wudhu, tetap saja dalam praktiknya tidak boleh berlebihan, apalagi hingga menimbulkan was-was. Sebab, orang yang was-was bukan berarti orang yang menyempurnakan wudhunya.

"Jangan sampai berlebihan. Cukup membasuh tiga kali, sempurnakan. Lebih dari tiga kali makruh loh yah," ujar Buya Yahya.

3 dari 3 halaman

Memperbanyak Langkah Kaki Menuju Masjid dan Menunggu Waktu Sholat

Memperbanyak langkah kaki menuju masjid pun menjadi salah satu cara agar diampuni Allah dan diangkat derajat oleh-Nya.

"Wudhu yang benar menjadi sebab Allah menghapus dosa tangan, dosa wajah, dosa mulut, dosa telinga dan dosa anggota tubuh. Bahkan dengan melangkahkan kaki ke masjid pun juga menjadi sebab dihapus dosa kita dan diangkat derajat kita," kata Buya Yahya.

Amalan lainnya adalah menunggu datangnya waktu sholat. "Menanti sholat adalah kesunahan. Menanti sholat pun mendapatkan pahala sholat. Dan (masa) di antara sholat yang telah Anda laksanakan kemudian Anda menanti lagi waktu sholat yang berikutnya, maka masa penantian anda ini adalah masa diangkat derajat Anda dan diampuni dosa Anda," terang Buya Yahya.

Menurutnya, jika seorang muslim bisa menekunkan hal yang demikian, maka akan terjaga dari segala keharaman serta orang tersebut tidak akan meninggalkan perintah Allah SWT.

"Kalau sudah Anda peduli dengan langkah sholat, Anda tidak akan meninggalkan sholat, kalau Anda sudah serius wudhu, insya allah sholatnya juga benar. Hadis ini diriwayatkan Imam Muslim RA," pungkas Buya Yahya.

Wallahu a’lam.