Sukses

Ustadz Abdul Somad Ungkap Satu-satunya Amalan Sunnah yang Pasti Diterima Allah, Simak Penjelasannya

UAS beberkan tentang satu amalan sunnah yang paling mudah dilakukan namun dijamin diterima oleh Allah. Amalan ini juga memiliki sejumlah keutamaan bahkan menjadi syafaat di hari kiamat kelak.

Liputan6.com, Jakarta - Islam tak hanya memerintahkan kita untuk melaksanakan ibadah wajib seperti sholat dan berpuasa. Namun, ada banyak amalan sunnah yang juga dapat dikerjakan serta memiliki nilai dan keutamaan besar sebagai ibadah pelengkap atau tambahan.

Orang-orang sholeh akan memanfaatkan waktu dan usianya dengan sebaik mungkin untuk menjalankan ibadah sunnah sebagai penyempurna kekurangan pada ibadah wajib mereka.

Disebutkan dalam sebuah penggalan hadis riwayat Ahmad no. 9494:

"Jika sholatnya sempurna, maka dicatat sempurna untuknya. Jika terdapat suatu kekurangan, Allah Ta’ala berfirman, “Periksalah, apakah hamba-Ku memiliki ibadah sunnah?” Jika seorang hamba memiliki amal ibadah sunnah, Allah Ta’ala berfirman, “Sempurnakanlah ibadah wajibnya dengan ibadah sunnahnya.” Lalu setiap amal akan diperlakukan sama seperti itu.”

Sebagaimana Ustadz Abdul Somad (UAS) mengungkap tentang satu-satunya amalan sunnah yang mudah dilakukan, namun pasti diterima oleh Allah yaitu sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

 

 

Saksikan Video Pilihan ini:

2 dari 3 halaman

Keutamaan Bersholawat

Ustadz Abdul Somad menjelaskan tentang keutamaan bagi orang-orang yang senantiasa bersholawat.

"Allah akan kirimkan 10 kebaikan-kebaikan, ditutupi 10 silap dosa dan kesalahan, dinaikkan 10 derajat tingkat kemuliaan," jelas UAS dikutip dari YouTube Suara Langit (20/10/2024).

Tak hanya itu sholawat juga dapat menjadi penangkal musibah maupun bencana bagi mereka yang mengamalkannya.

"Maka Nabi memohonkan ampunan untuk kita semua Insya Allah dijauhkan Allah dari malapetaka bencana musibah," ucapnya.

"Dia yang mendoakan kita, yang doanya dikabulkan Allah, yang doanya tidak ditolak Allah, Allah jamin untuk dia. Apapun yang kau minta akan Ku kabulkan ya Muhammad," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Jaminan Diterima Allah

Lebih lanjut, UAS juga menyebutkan jika amalan lain mungkin saja bisa ditolak namun sholawat pasti diterima Allah.

"Doa kita ditolak Allah, dzkir kita belum tentu diterima Alah, taubat kita masih menggantung antara langit dan bumi, tidak ada yang mengaku dapat Lailatul Qadar, belum tentu dapat haji mabrur tapi sholawat pasti diterima Allah," ujarnya.

Sholawat menjadi satu-satunya amalan yang pasti diterima. Jika Allah sudah berjanji maka Dia tidak akan mengingkari. 

"Satu-satunya amal yang pasti diterima Allah adalah sholawat, kenapa? Karena sholawat itu ada Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam," pungkasnya.