Sukses

Ini Doa Pendek agar Utang Cepat Lunas dari Rasulullah, Dibagikan Habib Novel

Jika Anda termasuk muslim yang kesulitan membayar utang, Anda dapat mengamalkan satu doa pendek berikut yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Amalan doa pelunas utang ini dibagikan oleh Habib Novel Alaydrus dalam salah satu ceramahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Hidup akan merasa kurang tenang ketika memiliki banyak utang. Kecil maupun besar nilainya, utang tetaplah utang yang harus dibayar sampai lunas.

Hukum membayar utang tergolong wajib. Jika utang belum dibayar tapi sudah meninggal dunia, maka para ahli warisnya harus melunasi utang tersebut. Terkecuali apabila orang yang memberikan utangnya telah mengikhlaskan.

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa "Ruhnya orang mukmin digantungkan -maksudnya ruhnya tertahan menuju tempatnya yang mulia- sebab utangnya, sampai utangnya itu dilunaskan." (HR. At-Tirmidzi. Ibnu Hibban dan selainnya menilai hadis ini hasan dan shahih). 

Begitu pentingnya menunaikan kewajiban hingga lunas bagi muslim yang berutang kepada orang lain. Sampai-sampai utang menjadi salah satu penghambat dia di akhirat kelak.

Namun, dapat diakui bahwa sebagian muslim merasa kesulitan untuk membayar utang. Jangankan bayar utang, terkadang untuk kebutuhan sehari-hari pun sulit.

Jika Anda termasuk muslim yang kesulitan membayar utang, Anda dapat mengamalkan satu doa pendek berikut yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Amalan doa pelunas utang ini dibagikan oleh Habib Novel Alaydrus dalam salah satu ceramahnya.

“Saya beri amalan pelunas utang, tapi diamalkan. Kalau gak diamalkan, jadinya (utang lunas) cuma mimpi. Diamalkan betul,” pesan Habib Novel seperti dikutip dari YouTube Novel Muhammad Alaydrus, Senin (21/10/2024).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 3 halaman

Riwayat Doa Pelunas Utang

Habib Novel mengatakan, amalan pelunas utang yang ia bagikan ini diriwayatkan langsung oleh Sayyidina Ali dari Rasulullah SAW. 

Diriwayatkan bahwa suatu ketika ada budak mukatab (budak yang dijanjikan oleh tuannya untuk dimerdekakan apabila dia telah membayar sejumlah uang). Kepada Sayyidina Ali ia berkata, “Saya tidak mampu membayar nilai untuk membebaskan diri saya. Tolong bantu saya.

Habib Novel mengatakan, saat itu Khalifah Ali sedang tidak punya uang untuk membantu, tapi ia punya sesuatu yang lebih dari uang dan harta. Apa itu? Adalah ilmu dari Nabi Muhammad SAW.

“Kadang kita kalau datang ke satu orang sholeh minta bantuan dikasih ilmu kita jawab butuhnya duit bukan ilmu. Ilmu itu di atas semuanya. Duit bisa habis, kalau ilmu gak akan bisa habis. Semakin diamalkan semakin ditambah,” tutur Habib Novel.

Melanjutkan riwayat tadi, Habib Novel menyampaikan bahwa Rasulullah SAW telah mengajarkan beberapa kalimat untuk melunasi utang. Jika membaca kalimat tersebut, utang setinggi gunung Shobir (salah satu nama gunung di Yaman) pun akan dilunasi oleh Allah.

3 dari 3 halaman

Doa Pelunas Utang

Adapun bacaan doa pelunas utang yang diajarkan Rasulullah ke Sayyidina Ali adalah sebagai berikut.

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahummak fini bi halalika ‘an haramika wa aghnini bifadhlika ‘aman siwaka.

Artinya: "Ya Allah! Cukupilah aku dengan rezekiMu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Perkayalah aku dengan karunia-Mu (hingga aku tidak minta) kepada selain-Mu.”

“Ini hadis riwayat Imam Tirmidzi. Hadis hasan. Dan juga diriwayatkan Imam Al-Hakim. Sanadnya shohih,” tutup Habib Novel.

Wallahu a’lam.