Sukses

Amalan sebelum Tidur dari Syekh Ali Jaber, Terhindar Gangguan Setan dan Obat Segala Penyakit

Menjelang tidur, muslim sangat disarankan untuk membaca doa atau amalan-amalan yang dibagikan para ulama. Salah satunya amalan sebelum tidur yang pernah disampaikan oleh ulama kelahiran Madinah Syekh Ali Jaber.

Liputan6.com, Jakarta - Tidur merupakan rutinitas umat manusia dalam setiap harinya yang sudah menjadi sunnatullah. Tentang tidur tertuang di dalam Al-Quran. Allah SWT berfirman:

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah tidurmu di waktu malam dan siang hari serta usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan." (Q.S. Ar Rum: 23).

Bagi muslim, tidur bukan sekadar mengistirahatkan raga setelah menjalani aktivitas yang melelahkan. Tidur pun bisa menjadi ibadah jika diniatkan agar tubuh kembali bugar untuk kembali melaksanakan perintah-Nya.

Menjelang tidur, muslim sangat disarankan untuk membaca doa atau amalan-amalan yang dibagikan para ulama. Salah satunya amalan sebelum tidur yang pernah disampaikan oleh ulama kelahiran Madinah Syekh Ali Jaber.

Syekh Ali Jaber mengatakan, amalan yang ia bagikan merupakan amalan yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW.

"Insya Allah sangat membantu menenangkan jiwa kita, menenangkan hati kita, dan juga insya Allah menjadi salah satu sunnah yang menurut saya cukup kehilangan di tengah umat Islam, padahal Rasulullah SAW tidak pernah tinggalkan," kata Syekh Ali Jaber, dikutip dari YouTube Media Dakwah Hikmah TV, Rabu (23/10/2024).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 3 halaman

Bacaan dan Cara Pengamalannya

Amalan yang pernah dibagikan Syekh Ali Jaber sebelum tidur adalah membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas masing-masing satu kali. Amalan tersebut diawali dengan membaca ta'awudz dan basmalah.

Praktik pengamalannya ialah dengan mengangkat tangan yang menutupi hidung dan mulut. Mengangkat tangannya bukan seperti hendak berdoa.

"(Setelah membaca surah-surah tersebut) tiup (tangan) tiga kali, kemudian usapkan ke badan dari kepala sampai ujung kaki. Ini dalam kondisi duduk di tempat tidur,” kata Syekh Ali Jaber.

Setelah mengusap ke seluruh tubuh yang terjangkau, ulangi lagi bacaannya dari awal, kemudian tiupkan ke tangan tiga kali dan usapkan ke seluruh tubuh. Ulangi amalannya sebanyak tiga kali.

3 dari 3 halaman

Keistimewaan Melakukan Amalan Ini

Syekh Ali Jaber menjelaskan keistimewaan membaca amalan tersebut ialah dapat menyembuhkan berbagai penyakit dzahir maupun batin.

"Kesurupan, godaan, gangguan, sihir, apapun penyakit yang kita rasakan insya Allah disembuhkan oleh Allah SWT," jelasnya.

Orang tua yang memiliki anak masih kecil dapat melakukan amalan tersebut. Orang tua membaca tiga surah lengkap dengan cara praktik yang diajarkan Syekh Ali Jaber, kemudian diusapkan ke seluruh tubuh anaknya.

Tidak hanya ketika menjelang tidur, bahkan amalan ini juga bisa dipraktikkan kepada orang yang sedang sakit.

"Kalau ada di antara jemaah yang punya orang tua sakit atau kakek nenek sakit, boleh Anda bacakan kemudian usap badan mereka. Ini bisa menjadikan rukiah, bisa juga mengobati diri sendiri," tutur Syekh Ali Jaber.

Wallahu a’lam.