Liputan6.com, Cilacap - Uzlah adalah mengasingkan diri dan menyendiri ke tempat yang sepi. Tujuan uzlah yakni menghindari gemerlapnya dunia dan ingin lebih dekat lagi dengan Allah SWT.
KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) mengisahkan seorang wali yang memutuskan uzlah atau hidup menyendiri dari ingar-bingarnya kehidupan dunia.
Pilihan uzlah menurut wali ini sudah tepat sebab kondisi dunia yang sudah sangat buruk. Gus Baha mengisahkan gambaran bobroknya dunia dengan munculnya wanita-wanita berpakaian seksi.
Advertisement
Baca Juga
“Ada seorang wali yang takut dosa karena banyak perempuan cantik yang pakai celana pendek, banyak yang tidak jelas di dunia ini,” terangnya dikutip dari tayangan YouTube Short @SUDARNOPRANOTO, Sabtu (28/12/2024).
Melihat kondisi dunia yang rusak itu, akhirnya wali itu memutuskan untuk uzlah atau menyepi. Dengan makanan ala kadarnya ia pun tinggal di atas gunung yang sunyi.
Simak Video Pilihan Ini:
Ditegur oleh Wali yang Lebih Senior
Namun perilakunya ini dikritik oleh wali lain yang memiliki derajat yang lebih tinggi darinya. Menurut wali yang derajatnya lebih tinggi darinya ini justru yang ia lakukan (uzlah) kurang tepat.
“Singkat cerita dia uzlah, dia santai-santai di gunung makan rerumputan, terus ada wali yang kelasnya lebih tinggi, kamu di sini ngapain? uzlah kenapa? Meninggalkan dosa? terus digojlog sama wali yang lebih senior,” sambung Gus Baha.
Alasan uzlah untuk menghindaro dosa justru dinilai kurang tepat sebab meninggalkan rusaknya dunia ini justru dikhawatirkan akan semakin rusak.
Boleh jadi, sepeninggal dia tidak ada lagi orang menuntun manusia kepada kebenaran. Boleh jadi pula nantinya manusia-manusia ini akhirnya akan dipimpin oleh orang-orang ahlul bid'ah atau yang lebih parah lagi.
“Kata si wali yang lebih senior tadi, “sebetulnya kamu itu tidak menghindari dosa, tapi malah parah.” Ketika umat tidak kamu pimpin, artinya membiarkan dipimpin kelompok lain dan itu bisa orang ahli bid’ah, bisa orang kafir, bisa yang lebih menyesatkan,” terangnya.
“Jadi uzlah itu tidak solusi,” tandasnya.
Advertisement
Saat Dunia Rusak, Uzlah atau Tetap Bergaul dengan Masyarakat?
Mengutip muslim.or.id, berikut ini yang harus dilakukan saat dunia telah banyak maksiat.
1. Anjuran untuk Uzlah
Banyak dalil-dalil yang menganjurkan untuk uzlah (mengasingkan diri) demi menyelamatkan diri dari fitnah atau diri menghindari masyarakat yang banyak terjadi maksiat, kebid’ahan dan pelanggaran agama. Diantaranya sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam:
خَيْرُ الناسِ في الفِتَنِ رجلٌ آخِذٌ بِعِنانِ فَرَسِه أوْ قال بِرَسَنِ فَرَسِه خلفَ أَعْدَاءِ اللهِ يُخِيفُهُمْ و يُخِيفُونَهُ ، أوْ رجلٌ مُعْتَزِلٌ في بادِيَتِه ، يُؤَدِّي حقَّ اللهِ تَعالَى الذي عليهِ
“Sebaik-baik manusia ketika berhadapan dengan fitnah adalah orang yang memegang tali kekang kudanya menghadapi musuh-musuh Allah. Ia menakuti-nakuti mereka, dan merekapun menakut-nakutinya. Atau seseorang yang mengasingkan diri ke lereng-lereng gunung, demi menunaikan apa yang menjadi hak Allah” (HR. Al Hakim 4/446, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 2/311).
Sebagaimana juga dalam hadits,
قال رجلٌ : أيُّ الناسِ أفضلُ ؟ يا رسولَ اللهِ ! قال ( مؤمنٌ يجاهد بنفسِه ومالِه في سبيلِ اللهِ ) قال : ثم من ؟ قال ( ثم رجلٌ مُعتزلٌ في شِعبٍ من الشِّعابِ . يعبد ربَّه ويدَعُ الناسَ من شرِّه
“Seseorang bertanya kepada Nabi: ‘siapakan manusia yang paling utama wahai Rasulullah?’ Nabi menjawab: ‘Orang yang berjihad dengan jiwanya dan hartanya di jalan Allah’. Lelaki tadi bertanya lagi: ‘lalu siapa?’. Nabi menjawab: ‘Lalu orang yang mengasingkan diri di lembah-lembah demi untuk menyembah Rabb-nya dan menjauhkan diri dari kebobrokan masyarakat'” (HR. Al Bukhari 7087, Muslim 143).
Bahkan andai satu-satu jalan supaya selamat dari fitnah adalah dengan mengasingkan diri ke lembah-lembah dan puncak-puncak gunung, maka itu lebih baik daripada agama kita terancam hancur. Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
يُوشِكَ أَنْ يَكُونَ خَيْرَ مَالِ الرَّجُلِ غَنَمٌ يَتْبَعُ بِهَا شَعَفَ الْجِبَالِ وَمَوَاقِعَ الْقَطْرِ يَفِرُّ بِدِينِهِ مِنْ الْفِتَنِ
“Hampir-hampir harta seseorang yang paling baik adalah kambing yang ia pelihara di puncak gunung dan lembah, karena ia lari mengasingkan diri demi menyelamatkan agamanya dari fitnah” (HR. Al Bukhari 3300).
2. Anjuran untuk Tetap Bergaul dengan Masyarakat
Sebagian dalil yang lain menganjurkan kita untuk bergaul di tengah masyarakat walaupun bobrok keadaannya, dalam rangka berdakwah dan amar ma’ruf nahi munkar di dalamnya. Diantaranya firman Allah Ta’ala:
وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ
“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran” (QS. Al Maidah: 2).
juga firman Allah Ta’ala:
وَالْعَصْرِ ﴿١﴾ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ ﴿٢﴾ إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ ﴿٣﴾
“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran” (QS. Al Ashr: 1-3)
Diantaranya juga sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam:
المؤمنُ الذي يخالطُ الناسَ ويَصبرُ على أذاهم خيرٌ منَ الذي لا يُخالطُ الناسَ ولا يصبرُ على أذاهمْ
“Seorang mukmin yang bergaul di tengah masyarakat dan bersabar terhadap gangguan mereka, itu lebih baik dari pada seorang mukmin yang tidak bergaul di tengah masyarakat dan tidak bersabar terhadap gangguan mereka” (HR. At Tirmidzi 2507, Al Bukhari dalam Adabul Mufrad 388, Ahmad 5/365, syaikh Musthafa Al ‘Adawi mengatakan hadits ini shahih dalam Mafatihul Fiqh 44).
Juga sabda beliau Shallallahu’alaihi Wasallam:
فواللهِ لَأن يُهدى بك رجلٌ واحدٌ خيرٌ لك من حُمْرِ النَّعَمِ
“Demi Allah, sungguh engkau menjadi sebab hidayah bagi satu orang saja, itu lebih baik bagimu daripada unta merah” (HR. Al Bukhari 2942)ز
Juga sabda beliau Shallallahu’alaihi Wasallam:
اتَّقِ اللهَ حيثُما كنتَ ، وأَتبِعِ السَّيِّئَةَ الحسنةَ تمحُها ، و خالِقِ الناسَ بخُلُقٍ حَسنٍ
“bertaqwalah engkau kepada Allah dimanapun berada, dan perbuatan buruk itu hendaknya diikuti dengan perbuatan baik yang bisa menghapus dosanya, dan pergaulilah orang-orang dengan akhlaq yang baik” (HR. At Tirmidzi 1906, dihasankan Al Albani dalam Shahih Al Jami, 97).
dan masih banyak lagi dalil-dalil yang lain.
Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul