Sukses

[VIDEO] Usai Wukuf, Jemaah Haji Bersiap Lempar Jumroh

Jutaan jemaah haji sepanjang Selasa kemarin berjalan kaki dari tenda-tenda mereka di Mina, Arab Saudi.

Jutaan jemaah haji sepanjang Selasa kemarin berjalan kaki dari tenda-tenda mereka di Mina, Arab Saudi. Ada pula yang datang dari Muzdalifah usai mengambil kerikil maupun dari kota Makah usai melakukan nafar awal.

Seluruh ruas jalan menuju lokasi melontar jumroh atau jamarat pun dipenuhi lautan manusia, seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (15/10/2013).

Mulai tahun ini, jutaan jamaah haji sedikit beruntung. Sebab lokasi melontar jumroh dipermudah setelah Pemerintah Arab Saudi merenovasi tempat ini menjadi 5 lantai.

Setelah direnovasi, jamarat mampu menampung 300 ribu jamaah tiap jam tanpa perlu berdesak-desakan. Meski sudah dijaga ketat, namun tetap saja masih bisa ditemukan sejumlah pengemis berada di lokasi melontar jumroh.

Hingga 2 hari ke depan, para jemaah haji melempar 3 jumroh yaitu ula, wusta, dan aqobah. Proses melempar ketiga jumroh itu merupakan simbol melawan godaan setan.

Setelah melempar jumroh, jemaah akan menyelesaikan prosesi terakhir haji, yakni tahallul atau potong rambut. Usai tahalul, jutaan jamaah haji sudah bebas dari berbagai larangan yang dapat membatalkan ibadah haji mereka. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini