Sukses

Deretan Kasus Kecelakaan Pesawat Terbesar yang Pernah Terjadi di Dunia dan Indonesia

Meskipun sering disebut sebagai transportasi paling aman, namun hingga kini bayangan mengenai kecelakaan pesawat masih menjadi hal yang mengerikan.

Liputan6.com, Semarang Senin (21/03/2022), sebuah Pesawat Boeing 737 milik maskapai penerbangan China Eastern, Jatuh di kawasan pegunungan hingga menyebabkan kebakaran hutan.

Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh media pemerintah China, Global Times, menyebutkan terdapat 132 orang yang berada di dalam pesawat. Namun hingga kini belum diketahui terkait nasib penumpang termasuk jumlah korban yang tewas akibat kecelakaan pesawat tersebut.

Meskipun sering disebut sebagai transportasi paling aman, namun hingga kini bayangan mengenai kecelakaan pesawat masih menjadi hal yang mengerikan. Berikut sederet kasus kecelakaan pesawat terbesar yang pernah terjadi di dunia juga Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Turkish Airlines Flight 981 (1974)

Kecelakaan pesawat pertama terjadi pada Turkish Airlines Flight 981 yang dianggap memiliki cacat desain hingga kesalahan penanganan bagasi. Karena hal tersebut, bagian kargo pada belakang pesawat tiba-tiba terbuka hingga terjadi ledakan di tengah penerbangan. Kejadian tersebut menyebabkan dekompresi dan putus kabel hingga pilot kehilangan kendali. Pesawat tersebut kemudian jatuh di hutan Ermenonville dan menewaskan 346 jiwa.

3 dari 5 halaman

Japan Airlines Flight 123 (1985)

Di tahun 1985, sebuah kecelakaan pesawat Japan Airlines Flight 123 ditetapkan sebagai kasus kecelakaan pesawat terburuk. Berjarak hanya 12 menit setelah lepas landas, pesawat ini mengalami dekompresi eksplosif yang menyebabkan hilangnya kemudi dan sistem hidrolik.

Pilot dan kru pesawat sempat mempertahankan posisi pesawat di udara selama setengah jam hingga akhirnya jatuh di daerah bukit. Tercatat sebanyak 520 penumpang menjadi korban dalam kecelakaan ini.

4 dari 5 halaman

Garuda Indonesia GA 152 (1997)

Kasus kecelakaan Garuda Indonesia GA 152 tercatat sebagai kasus kecelakaan pesawat terburuk sepanjang sejarah penerbangan di Indonesia. Pesawat Garuda Airbus A300-B4 yang sedang dalam perjalanan dari Jakarta menuju Medan, ketika hendak mendarat di Bandara Polonia pengawas bandara mengaku kehilangan kontak dengan pilot pesawat.

Saat itu, kondisi kota Medan sedang diselimuti oleh awan tebal karena kebakaran hutan. Nahas pesawat yang mengangkut 222 penumpang dan 12 awak tersebut salah mengambil arah dan menabrak tebing gunung hingga meledak lalu terbakar. Dikabarkan bahwa tak ada yang selamat dalam kecelakaan tersebut.

5 dari 5 halaman

Lion Air JT 610 (2018)

Kecelakaan pesawat berikutnya yang terjadi di Indonesia yakni Pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Pangkal Pinang. Pesawat dengan jenis Boeing 737 MAX tersebut jatuh di area perairan Karawang, Jawa Barat. Dikabarkan bahwa sebanyak 189 korban tewas dalam kecelakaan pesawat tersebut. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini