Sukses

Sebabkan Masalah Rambut! 6 Kesalahan Saat Keramas Paling Sering Dilakukan

Meskipun terdengar sepele, ternyata masih banyak yang belum mengetahui cara keramas yang benar.

Liputan6.com, Semarang Semua orang tentu berharap memiliki rambut yang indah dan sehat. Untuk mendapatkan hal tersebut tentu harus melakukan beberapa perawatan rambut, salah satu yang paling utama dan sederhana adalah keramas. 

Meskipun terdengar sepele, ternyata masih banyak yang belum mengetahui cara keramas yang benar. Bahkan terdapat beberapa kesalahan yang seringkali terjadi hingga menyebabkan kerusakan pada rambut. 

Simak berikut deretan kesalahan yang paling sering dilakukan ketika keramas.

2 dari 7 halaman

1. Menggunakan Air yang Terlalu Panas

Meskipun air panas dipercaya lebih meluruhkan kotoran, namun penggunaan air yang terlalu panas dapat menyebabkan beragam masalah rambut lho. Hal tersebut dikarenakan, air yang terlalu panas akan kutikula kulit kepala akan meradang sehingga rambut lebih mudah rontok. Selain itu rambut juga akan terlihat kusam.

3 dari 7 halaman

2. Tidak Membilas Rambut Sebelum Menggunakan Sampo

Sebelum menggunakan sampo, pastikan telah membilas rambut secara menyeluruh, bagi yang memiliki rambut tebal gosoklah sela-sela rambut agar rambut basah dengan air. Membilas rambut sebelum menggunakan sampo bermanfaat agar produk dalam merata saat digunakan, serta membantu membersihkan kotoran dan minyak di rambut.

4 dari 7 halaman

3. Penggunaan Produk yang Kurang Tepat

Perlu diketahui bahwa sampo dan conditioner memiliki manfaat dan cara penggunaan yang berbeda. Sampo digunakan untuk membersihkan kulit kepala dan menutrisi rambut, sehingga cara menggunakannya berfokus pada kulit kepala saja. Sedangkan conditioner bermanfaat untuk menghaluskan rambut, jadi cara penggunaan yang tepat hanya dilakukan ke batang rambut saja. Lakukan hal tersebut agar penggunaan produk dapat bekerja secara maksimal.

5 dari 7 halaman

4. Menggunakan Produk Terlalu Banyak

Gunakanlah produk dalam takaran secukupnya, menggunakan produk terlalu banyak dapat mengakibatkan rambut terasa kering. Untuk mengetahui hal ini pastikan sobat Liputan.6 mengenali karakter dari rambut masing-masing, apakah kering atau berminyak.

6 dari 7 halaman

5. Menggunakan Sampo Langsung ke Rambut

Kesalahan ini mungkin menjadi yang paling sering dilakukan. Sebaiknya hindari menuangkan sampo secara langsung di kulit kepala. Cara yang tepat yakni dengan menuangkan sampo ke tangan, lalu menggosoknya hingga berbusa sebelum diaplikasikan ke kulit kepala. 

7 dari 7 halaman

6. Keramas Setiap Hari

Keramas setiap harinya nyatanya dapat menyebabkan rambut semakin terasa kering. Berilah jarak waktu untuk keramas kurang lebih 2 atau 3 kali dalam seminggu. Jika saja rambut terasa kotor dan berminyak, sobat Liputan.6 dapat mencoba menggunakan dry shampoo atau cukup membilasnya dengan air hangat. 

Video Terkini