Sukses

Sambut Lebaran 2022, Polda Jateng Siapkan Ratusan Pos Keamanan dan Vaksinasi di Rest Area

Polda Jawa Tengah akan siapkan ratusan posko keaman dan pelayanan, hingga fasilitas vaksinasi di rest area tipe A untuk menyambut mudik Lebaran tahun 2022.

Liputan6.com, Semarang - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah (Jateng) akan siapkan ratusan posko keaman dan pelayanan, hingga fasilitas vaksinasi di rest area tipe A untuk menyambut mudik Lebaran tahun 2022.

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Agus Suryo Nugroho mengatakan menyambut mudik lebaran pada tahun ini, pihaknya sudah menyiapkan ratusan posko keamanan dan pelayanan yang akan ditempatkan di setiap rest area tol ataupun non tol. Dirlantas menyampaikan penyediaan posko tersebut sebagai salah satu wujud kesiapan pihaknya untuk menghadapi arus lalu lintas ketika mudik.

"Kalau posko keamanan dan pelayanan ada 251 posko seluruh Jawa Tengah terutama nanti kita tempatkan di rest area yang di tol dan juga di non tol, juga tempat-tempat tertentu yang strategis untuk antisipasi arus lalu lintas," kata Agus Suryo Nugroho kepada Liputan6 melalui sambungan telepon, Rabu (20/4/20220).

Tak hanya posko, Agus juga menjelaskan soal fasilitas vaksinasi yang akan disedikan di setiap rest area tipe A yang ada di Jawa tengah.

"Di rest area tipe A nanti kita akan siapkan fasilitas pelayanan vaksinasi, boleh masyarakat singgah situ (untuk) vaksin. Salah satunya di rest area tipe A, kan di Jateng ada 8 rest area tipe A. Itu juga khusus untuk ada pelayanan vaksinasi, termasuk juga beberapa rest area juga kita nanti siapkan pelayanan vaksinasi. Polda Jawa Tengah akan siapkan itu," jelasnya.

 

 

2 dari 2 halaman

Polda Jateng Tidak Memberhentikan Pengemudi yang Belum Vaksin Booster

Dengan adanya fasilitas vaksinasi, dia menegaskan tidak akan memberhentikan ataupun memeriksa para pengemudi yang belum melakukan vaksinasi booster. Tetapi dengan adanya layanan vaksinasi tersebut, juga bisa memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya melakukan vaksinasi tahap ketiga.

"Memang syarat vaksin booster diharapkan masyarakat menyadari sebagai objek pengguna jalan nanti polisi tidak akan menyetop-nyetop tidak akan memberhentikan, tapi di rest area di pos tertentu nanti kita justru akan siapkan fasilitas vaksin booster. Fasilitas vaksin supaya mempermudah masyarakat bisa menjalankan perjalanan mudik dengan aman dan nyaman," tuturnya.

Lebih lanjut, Agus juga mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik pada tahun ini, untuk bisa lebih mempersiapkan kendaraan maupun kesehatan. Ia juga selalu mengingatkan untuk tetap taat protokol kesehatan.

"Polda Jawa Tengah mengimbau kepada masyarakat untuk betul-betul mempersiapkan kondisi kesehatan. Mudik sehat dan mudik aman dengan mempersiapkan kendaraannya yang sesuai dengan keselamatan. Jadi harus betul disiapkan, dicek betul dan juga jam istirahat harus dipersiapkan minimal 3 jam berjalan harus istirahat di rest area. Termasuk kontrol keselamatan kendaraannya, jangan lupa juga prokes," pungkasnya.

Video Terkini