Sukses

Menyambut Mudik Lebaran, Bandara Ahmad Yani Semarang Sediakan Posko Terpadu

Dalam kegiatan ini, Hardi mengatakan pihaknya berkerja sama dengan beberapa pihak untuk memaksimalkan agar mudik bisa berjalan dengan lancar

Liputan6.com, Semarang Menyambut mudik lebaran tahun 2022, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang akan menambah jam operasional dan menyelenggarakan kegiatan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2022 yang resmi dibuka pada hari ini, Senin (25/4/2022).

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto menyampaikan pihaknya menyediakan posko terpadu selama lebaran. Ia juga mengakatan penyediaan posko ini, guna mengantisipasi lonjakan penumpang.

"Kegiatan ini akan diselenggarakan selama 16 hari sampai dengan tanggal 10 Mei 2022 mendatang. Selain itu, managemen bandara melakukan penyesuaian jam operasional bandara menjadi pukul 07.00 sampai dengan 19.00 WIB untuk mengakomodir lonjakan penumpang pada masa libur lebaran 2022 ini," kata Hardi kepada Awak media, Senin (25/4/2022).

Dalam kegiatan ini, Hardi mengatakan pihaknya berkerja sama dengan beberapa pihak untuk memaksimalkan agar mudik bisa berjalan dengan lancar.

"Penyelenggaraan posko ini melibatkan beberapa instansi yang merukapan komunitas bandara, di antaranya adalah TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Perwakilan Satgas Covid-19 Daerah, Kantor Otoritas Bandar Udara, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Airnav Indonesia, Maskapai, dan instansi terkait lainnya," ujarnya.

 

2 dari 2 halaman

Posko Sebagai Layanan Informasi

Dia menyampaikan, dengan adanya posko ini bisa menjadi tempat informasi untuk para penumpang ataupun data pesawat yang akan ditumpangi, ataupun jasa lainnya. Lebih lanjut, posko ini juga dapat menambah keaman saat berada dalam area bandara dan juga membarikan pelayanan kesehatan.

"Tak hanya bertanggung jawab dalam hal pelaporan data pergerakan pesawat, penumpang dan kargo setiap harinya saja, namun petugas posko juga bertanggung jawab untuk melaksanakan pengamanan di area bandara serta memberikan pelayanan kesehatan kepada pelaku perjalanan udara," jelasnya.

Tidak hanya itu saja, Hardi memaparkan pihaknya juga akan menyediakan lima self check ini yang bisa digunakan oleh para penumpang, sehingga diharapkan ia berharap mudik kali ini bisa membuat masyarakat lebih nyaman saat menggunakan transportasi udara.

“Untuk meningkatkan layanan bagi para penumpang, kami telah menyediakan lima unit self-check in kios yang dapat digunakan oleh para penumpang," pungkasnya.

Sementara, GM Airnav Indonesia Cabang Semarang, Mi'wan Muhammad Bunay mengatakan pihaknya menyambut baik atas adanya posko ini. Sehingga pihaknya siap mendukung untuk bersama-sama mekamsimalkan mudik tahun ini.

"Bahwa kami siap mendukung posko angkutan lebaran 2022 secara kondisi SDM maupun fasilitas dengan berjalan dengan baik," ujar Mi'wan.

Video Terkini