Sukses

5 Tips Bawa Barang dengan Aman Saat Mudik Naik Motor, Pastikan Tak Menutupi Lampu Sein

Bagi sobat Liputan6 yang memilih mudik naik motor, perlu memperhatikan beberapa aspek penting, termasuk soal barang bawaan, untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara.

Liputan6.com, Semarang - Tinggal menghitung hari, umat muslim akan merayakan Lebaran tahun 2022. Salah satu tradisi menjelang Lebaran adalah kumpul keluarga di kampung halaman alias mudik. Tahun ini masyarakat patut berbahagia sebab pemerintah telah memberi lampu hijau bagi masyarakat yang ingin mudik. 

Sebagian sobat Liputan6 barangkali telah berangkat awal untuk mengindari puncak arus mudik, sehingga kini sudah sampai atau sedang dalam perjalanan menuju kampung halaman. Namun bagi kamu yang belum berangkat mudik, penting untuk memperhatikan beberapa hal terkait mudik agar perjalananmu lancar, tenang, dan selamat sampai tujuan.

Ada beragam moda transportasi yang bisa dipilih untuk mudik, salah satunya motor. Bagi sobat Liputan6 yang memilih mudik naik motor, perlu memperhatikan beberapa aspek penting, termasuk soal barang bawaan, untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara.

 

2 dari 2 halaman

Tips Aman Membawa Barang Saat Mudik Naik Motor

Demi keamanan dan kenyamanan berkendara, berikut tips aman membawa barang saat mudik menggunakan motor, dihimpun dari merdeka.com.

1. Untuk barang yang ditaruh dasbor depan, atur packing agar lebarnya tak melebihi setang kemudi agar tak menyulitkan berbelok.

2. Untuk barang yang ditempatkan di belakang pengendara, usahakan tingginya tak melebihi bahu pengemudi agar pengemudi maupun penumpang tetap nyaman.

3. Pastikan barang bawaan terikat erat sehingga tak berpotensi mengganggu keseimbangan berkendara.

4. Tak dianjurkan menambah 'bagasi' yang dibuat dengan sebilah kayu di bagian belakang motor, karena akan mengganggu keseimbangan pengendara.

5. Pastikan lampu sein tidak tertutup barang bawaan, agar pengendara lain dapat melihat arah pergerakan motormu.

Video Terkini