Sukses

Mengenal Play Everywhere, "Pintu Doraemon" yang Buka Peluang Global bagi Seniman Lokal

Play Everywhere bukan sekadar layanan live streaming biasa.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pintu Doraemon menuju panggung dunia semakin terbuka bagi musisi lokal Indonesia berkat hadirnya Play Everywhere dari GoPlay, sebuah platform inovatif dalam industri hiburan.

Play Everywhere tidak hanya layanan live streaming biasa. Melalui teknologi canggihnya, platform ini menghadirkan penampilan musisi secara live dengan interaksi dua arah dalam waktu nyata, meskipun penonton dan musisi berada di tempat yang berbeda. Dengan alat dari Play Everywhere yang merupakan keluaran baru dari GoPlay, musisi Indonesia bisa manggung live di seluruh dunia.

“Misalnya, musisi di Makassar biasanya hanya tampil di kafe-kafe di sekitar sana. Namun, dengan Play Everywhere, mereka dapat menyanyi dan manggung di seluruh Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Bagai pintu Doraemon, ini membuka kesempatan bagi musisi dan semua performer Indonesia, termasuk pendakwah, untuk mendapatkan penonton live secara global," kata Edy Sulistyo, CEO GoPlay, dalam konferensi pers online, Minggu (9/7/2023).

Selain memungkinkan musisi tampil di beberapa acara di lokasi yang berbeda secara bersamaan, Play Everywhere juga menciptakan peluang untuk mendapatkan penghasilan yang stabil dengan meningkatkan jam terbang para musisi. Jadi, musisi dari Indonesia bisa tampil live di sebuah kafe di Jepang dan New York secara bersamaan.

“Ini akan menciptakan lebih banyak lapangan kerja bagi musisi-musisi tersebut. Mereka dapat menghasilkan lebih banyak uang dengan tampil di berbagai kafe secara bersamaan," tambah Edy.

Selain itu, Play Everywhere telah membuktikan keefektifannya dalam melibatkan penonton dalam menikmati musik live. Jika pada pertunjukan musik live biasa permintaan lagu dari penonton terbatas hanya pada 5-8 judul, dengan Play Everywhere, jumlah permintaan lagu meningkat hingga mencapai 30 judul. Hal ini menunjukkan tingkat keterlibatan yang lebih aktif dari penonton.

“Kami melihat bahwa generasi muda lebih suka meminta lagu melalui obrolan daripada berbicara. Kami secara khusus menanggapi tren ini untuk memastikan penonton lebih terlibat dan bertahan lebih lama," ujar Edy.

Play Everywhere juga telah mendapatkan permintaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk memperkenalkan musisi, kreator konten, dan destinasi wisata Indonesia ke luar negeri. Dengan begitu, peluang untuk seniman dan kreator konten Indonesia go global semakin terbuka lebar.

Edy menekankan bahwa Play Everywhere tidak hanya dimanfaatkan oleh musisi, tetapi juga oleh seniman dari berbagai bidang, termasuk kreator konten.

“Tidak hanya musisi yang layak mendapat sorotan. Konsep ini dapat diterapkan pada kreator konten lain seperti pesulap dan pelawak tunggal. Kuncinya adalah kemampuan untuk melihat suasana di lokasi acara dan berkomunikasi secara dua arah," tutup Edy.

Play Everywhere telah sukses diuji coba di Kedai Kopikalyan, Tokyo, Jepang, dengan menghadirkan empat musisi yang aktif tampil di GoPlay.

Pada kesempatan yang sama, Kenny Erawan Tjahjadi, Direktur Negara Kopi Kalyan, Tokyo, merasa sangat senang kedai kopinya dipilih sebagai tempat uji coba pertama Play Everywhere di luar negeri. Penampilan musisi Indonesia melalui Play Everywhere telah membuka lebih banyak peluang untuk memperkenalkan budaya Indonesia di kancah internasional.

"Dengan kopi kami, kami menghadirkan sejumput Indonesia. Dengan Play Everywhere, kami dapat membayangkan berbagai macam penampilan live dari para performer Indonesia, sehingga pengalaman tentang Indonesia menjadi lebih intens," kata Kenny. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.