Sukses

Dukungan PKM TanNas UGM untuk Ketahanan Desa Pakunden Magelang

Antusiasme masyarakat Desa Pakunden sangat besar dalam acara ini. Masyarakat sangat senang karena materi yang diberikan sesuai dengan kondisi Desa Pakunden

Liputan6.com, Magelang - Mahasiswa Pascasarjana Program Studi Ketahanan Nasional (TanNas) Universitas Gadjah Mada (UGM) telah selesai melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Pakunden dan SMK Ma’arif 1, Kecamatan Ngluwar, Magelang. Kegiatan yang diikuti mahasiswa regular dan mahasiswa Program Kerja Sama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) itu berlangsung pada 17 sampai 29 Juli 2023.

PKM TanNas UGM 2023 ini mengusung tema “Pemberdayaan Berbasis Desa Wisata (Ketahanan Desa Wisata) Melalui Peningkatan Potensi Sumber Daya Lokal Desa Pakunden, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah”. Tema ini diusung setelah melihat permasalahan Desa Pakunden yang terdampak dari Pembangunan Tol Jogja-Bawen yang berpotensi sebagai desa berbasis wisata, khususnya desa agroekowisata karena Desa Pakunden baru saja menyelesaikan tahap akhir pembangunan check dam.

Menurut, Koordinator mahasiswa di PKM TanNas UGM Desa Pakunden, Rizky Aurell antusiasme masyarakat Desa Pakunden sangat besar dalam acara ini. Masyarakat sangat senang karena materi yang diberikan sesuai dengan kondisi Desa Pakunden.

“Berawal dari permasalahan dan kondisi tersebut, Mahasiswa Ketahanan Nasional UGM menginisasi program untuk mengoptimalisasi potensi lokal di Pakunden,” ujarnya, Sabtu (29/7/2023).

Dengan berlangsungnya program PKM TanNas UGM Mahasiswa Ketahanan Nasional yang dilengkapi serangkaian kegiatan terkait, diharapkan dapat mendukung ketahanan wilayah masyarakat dan pendampingan pengelolaan desa wisata sehingga masyarakat Pakunden mampu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomiannya.

Menurut, Koordinator mahasiswa di PKM TanNas UGM Desa Pakunden, Rizky Aurell antusiasme masyarakat Desa Pakunden sangat besar dalam acara ini. Masyarakat sangat senang karena materi yang diberikan sesuai dengan kondisi Desa Pakunden. “Berawal dari permasalahan dan kondisi tersebut, Mahasiswa Ketahanan Nasional UGM menginisasi program untuk mengoptimalisasi potensi lokal di Pakunden,” ujarnya, Sabtu (29/7/2023).

Dengan berlangsungnya program PKM TanNas UGM Mahasiswa Ketahanan Nasional yang dilengkapi serangkaian kegiatan terkait, diharapkan dapat mendukung ketahanan wilayah masyarakat dan pendampingan pengelolaan desa wisata sehingga masyarakat Pakunden mampu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomiannya.

Sebelumnya, dalam pembukaan PKM TanNas UGM, Kepala Desa Pakunden Sujadi mendukung kegiatan ini karena selaras dengan potensi desanya sebagai desa pariwisata.  

“Desa Pakunden memiliki potensi menjadi Desa Pariwisata yang mandiri, sejahtera khususnya dalam lima bidang utama yaitu kesehatan, agrikultur, ekonomi, lingkungan, dan pariwisata. Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa TanNas UGM karena sudah membantu dalam stimulasi pembangunan Desa Pakunden sebagai desa wisata” ucapnya.