Sukses

Persiapan Matang, Muktamar Luar Biasa NU Bakal Digelar di Cirebon

Presidium menilai semangat di balik MLB ini lahir dari keprihatinan atas kondisi internal PBNU saat ini

Liputan6.com, Jakarta Wacana Muktamar Luar Biasa NU menuai beragam polemik hingga respons penolakan. Namun, penolakan MLB NU dianggap bagian dari dinamika organisasi. 

Panitia Muktamar Luar Biasa (MLB) Nahdlatul Ulama (NU) menegaskan keseriusan mereka dalam menggelar MLB yang direncanakan berlangsung di Cirebon

Ketua Organizing Committee (OC) MLB NU, KH Imam Baihaqi mengatakan persiapan sudah matang, mulai dari booking hotel hingga perencanaan teknis lainnya. 

"Meskipun PCNU dan GP Ansor, Banser, serta Pagar Nusa se-Cirebon Raya menyatakan penolakan, panitia MLB meragukan apakah penolakan tersebut benar-benar tulus," ujar Kiai Imam Baihaqi, Sabtu (14/9/2024).

Menurutnya, semangat di balik MLB ini lahir dari keprihatinan atas kondisi internal PBNU saat ini. Ia memastikan gerakan tersebut akan terus berlanjut dengan langkah-langkah pasti menuju Muktamar.

“Kami sudah membentuk Steering Committee (SC) yang diketuai oleh KH Imam Jazuli, dan OC yang saya pimpin atas penunjukan dari para kiai dalam konsolidasi nasional Presidium MLB NU di Cirebon,” ungkap Kiai Imam.

Kiai Imam juga menjelaskan bahwa semua persiapan teknis terkait pelaksanaan MLB NU sudah hampir rampung. 

Mulai dari sisi logistik hingga akomodasi, semua telah dirancang dengan baik, termasuk mengatasi hambatan yang mungkin terjadi.

"Hotel-hotel sudah kami booking, seperti yang sampaikan SC, tinggal persiapan teknis lainnya. Kami siap menghadapi segala tantangan yang mungkin muncul. SC sudah memberikan arahan, dan kami sebagai OC akan melaksanakan tugas tersebut sebaik-baiknya," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respon Penolakan

Terkait adanya pernyataan penolakan dari PCNU, GP Ansor, Banser, dan Pagar Nusa se-Cirebon Raya, Kiai Imam mengaku tidak sepenuhnya yakin bahwa penolakan itu tulus. Ia mencurigai ada faktor eksternal yang mempengaruhi sikap mereka.

"Saya tidak yakin mereka benar-benar menolak. Mereka adalah bagian dari struktural NU, tentu mereka taat pada pimpinan. Mungkin saja mereka diperintah oleh PBNU untuk menolak, tapi dalam hati kecil mereka, saya yakin banyak yang sebenarnya mendukung gerakan ini," ujarnya.

Menurut dia, banyak pengurus NU di berbagai daerah yang mendukung gerakan MLB, meski belum berani secara terbuka. 

Sejak gerakan ini dimulai di Bangkalan, Kiai Imam Baihaqi mengaku telah menerima banyak dukungan dari kiai, ulama, dan aktivis NU di berbagai daerah, meski mayoritas dari mereka masih bersikap hati-hati dan enggan muncul di publik.

"Gerakan MLB ini lahir dari kegelisahan warga NU di bawah yang merasa kepemimpinan PBNU saat ini menyimpang dari prinsip konstitusi NU. Jadi, kami hanya menampung keresahan ini dan bergerak untuk memperbaiki keadaan," ungkap Kiai Imam.

Kiai Imam menegaskan bahwa sebelum memutuskan untuk menggelar MLB, pihaknya sudah berkali-kali menyampaikan kritik terhadap berbagai kebijakan PBNU yang dianggap tidak sesuai dengan prinsip organisasi. 

Namun, kritik tersebut tidak mendapat tanggapan hingga akhirnya gerakan MLB muncul sebagai respons dari keresahan yang dirasakan warga NU.

"Kami sudah mencoba menyampaikan kritik, tapi tidak didengar. MLB ini adalah cerminan dari kegelisahan banyak pihak di dalam NU," tegas Kiai Imam.

Sementara itu, KH Wahono, Wakil Ketua OC MLB NU, menyampaikan bahwa gerakan ini juga mendapat restu dari sejumlah sesepuh NU, termasuk KH Muhtadi Dimyathi dari Banten dan kiai-kiai lain di Jawa Timur. 

Wahono mengungkapkan bahwa gerakan ini dimulai sejak delapan bulan lalu, dengan langkah awal melakukan konsolidasi di Bangkalan.

"Pertemuan di Bangkalan Agustus lalu adalah bukti keresahan warga NU di bawah. Para sesepuh NU memberi nasihat untuk mengamati dan mengumpulkan data hingga akhirnya gerakan ini mendapatkan dukungan dari banyak pihak," katanya.

Menurut Kiai Wahono, konsolidasi nasional Presidium MLB NU yang digelar di Cirebon merupakan langkah konkret menuju pelaksanaan MLB. 

Oleh karena itu, Ia optimistis bahwa Muktamar Luar Biasa ini akan terlaksana dengan sukses.

"Kami bergerak dengan keyakinan bahwa MLB NU harus digelar. Ini adalah suara kegelisahan warga NU yang harus kami akomodasi. Dan saya yakin, MLB ini akan berjalan sesuai rencana," tegasnya.

Dukungan para kiai dan sesepuh NU, lanjut Kiai Wahono, menjadi modal utama bagi gerakan ini untuk terus bergerak maju. 

"Dengan restu dari para sesepuh, kami yakin MLB ini bukan sekadar wacana, melainkan langkah nyata untuk perubahan di NU," pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini