Sukses

Belasan Ribu Santri Ponpes Lirboyo Jawa Timur Dipulangkan, Ada Apa?

Terdapat 270 bus besar, 10 bus ukuran medium dan 90 kendaraan pribadi menjemput para santri ponpes Lirboyo untuk diantar ke kampung halaman

Liputan6.com, Jakarta Belasan ribu santri baik putra maupun putri di Ponpes Lirboyo Kediri Jawa Timur dipulangkan ke daerah masing-masing bertemu keluarga.

Mereka dipulangkan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1433 Hijriah/2022. Panitia pemulangan Santri Ponpes Lirboyo Agus Sholeh Nawawi mengatakan, sebagian besar santri sudah dijemput menggunakan bs maupun keluarga mereka.

"Tercatat ada 15.500 santri yang dipulangkan ke daerah masing-masing untuk menyambut Ramadhan di kampung halaman," ujar Agus Sholeh dilansir Antara, Senin (16/3/2022).

Dia menyebutkan, terdapat 270 bus besar, 10 bus ukuran medium dan 90 kendaraan pribadi menjemput para santri. Agus menyebutkan, santri yang hendak pulang ke rumah masing-masing dilarang menggunakan angkutan umum.

Bahkan, kata dia, kepulangan santri mendapat koordinasi oleh pengurus pondok dengan Himasal (Himpunan Alumni Santri Lirboyo) daerah, maupun wali santri.

"Kegiatan pemulangan santri juga telah dikoordinasikan dengan Satgas Penanganan covid-19 Kota Kediri Jawa Timur," ujar dia.

Para santri dipulangkan secara bertahap sejak hari Minggu, 13 Maret 2022. Proses pemulangan pun juga mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Para santri harus melewati jalur khusus dan tetap mengenakan masker saat pulang. Ketika akan naik kendaraan harus cuci tangan, melewati bilik disinfektan, selalu mematuhi jaga jarak, dan mengikuti arahan dari panitia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini

2 dari 2 halaman

Tradisi

"Untuk kendaraan yang datang dan keluar juga selalu disemprot dengan cairan disinfektan. Saat ini memang sudah libur pondok menjelang Ramadhan 2022. Sesuai dengan jadwal, para santri masuk kembali setelah Idul Fitri 2022," ujar dia.

Dia mengatakan, pemulangan santri jelang Ramadhan tersebut sudah menjadi tradisi tiap tahun. Santri akan kembali masuk ke Ponpes Lirboyo pada bulan Syawal atau setelah Lebaran.

Meski demikian, dia mengaku ada sekitar 5000 santri yang memilih tidak pulang ke rumah dan menetap di Ponpes Lirboyo pada Ramadhan.

"Mereka dari berbagai daerah di Indonesia," katanya.