Sukses

4 Bahan Alami yang Bikin Rambut Lebih Hitam dan Sehat

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat rambut menjadi lebih hitam dan berkilau, salah satunya menggunakan beberapa bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta - Mendapatkan rambut sehat, hitam dan berkilau bisa menggunakan beberapa cara. Salah satunya adalah menggunakan bahan-bahan alami, termasuk ampas kopi.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat rambut menjadi lebih hitam dan berkilau. Meski ke salon adalah salah satu langkah praktis yang bisa dilakukan, namun kamu juga bisa menghitamkan rambut sendiri dengan menggunakan beberapa bahan alami yang bisa ditemukan di dapur rumah.

Selain mudah didapatkan, bahan-bahan alami ini juga lebih aman digunakan tanpa perlu khawatir dengan efek samping yang mungkin muncul. Bahkan, melakukan perawatan dengan menggunakan beberapa bahan alami juga akan menghemat dompetmu.

Nah untuk menghitamkan rambut, kamu bisa memilih salah satu dari empat opsi berikut.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Bahan Penghitam Rambut Alami

1. Minyak jarak

Minyak jarak adalah minyak yang dihasilkan dari biji tanaman jarak. Minyak ini dapat membantu menghitamkan rambut secara alami. Oleskan minyak jarak pada kulit kepala dan rambut kamu dan pijat lembut selama 15-20 menit. Diamkan selama beberapa jam atau semalam, lalu bilas dengan air hangat dan sampo.

2. Teh hitam

Teh hitam mengandung tanin, yang dapat membantu menghitamkan rambut secara alami. Rebus beberapa kantong teh hitam dalam air dan biarkan dingin. Gunakan air teh ini untuk membilas rambut setelah keramas.

3. Henna

Henna adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk menghitamkan rambut. Henna dapat memberikan warna merah atau coklat tua pada rambut. Campurkan bubuk henna dengan air hangat dan aduk hingga tercampur rata. Biarkan campuran henna selama beberapa jam, lalu oleskan pada rambut dan biarkan selama beberapa jam sebelum dibilas dengan air.

4. Kopi

Kopi juga dapat digunakan untuk menghitamkan rambut secara alami. Campurkan bubuk kopi dengan air hingga terbentuk pasta dan oleskan pada rambut. Diamkan selama beberapa jam, lalu bilas dengan air hangat dan sampo.

Itu dia empat bahan alami penghitam rambut yang salah satunya bisa kamu gunakan. Namun yang perlu kamu ingat adalah, bahan alami tidak akan memberikan hasil instan. Jadi kamu perlu melakukan pengulangan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Selain itu, efektivitasnya pun tergantung pada jenis dan warna dasar rambut kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.