Sukses

Penuhi Kebutuhan Darah Nasional, Begini Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh

Sekitar 2000 pendonor dan relawan hadir mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan pada kegiatan donor darah yang digelar Generali Indonesia dan PMI di Surabaya. (ist)

Liputan6.com, Surabaya Upaya memenuhi ketersediaan darah terus dilakukan. Salah satunya giat yang digelar Generali Indonesia.

Perusahaan asuransi skala nasional itu menggandeng Palang Merah Indonesia menggelar donor darah di beberapa kota. Salah satunya di Surabaya.

"Kami bersyukur sudah 16 tahun Generali Indonesia hadir melindungi hingga lebih dari 400 ribu nasabah," ucap Direktur dan Chief Operation Officer Generali Indonesia, Jutany Japit di Surabaya, Minggu (18/8/2024).

Ia mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari rangkaian ulang tahun ke-16 Generali Indonesia untuk saling membantu sesama bagi yang membutuhkan transfusi dan upaya perusahaan untuk mengajak masyarakat lebih sehat.

Sekitar 2000 pendonor dan relawan hadir mendonorkan darahnya untuk kepentingan kemanusiaan.

Menurut data Kementerian Kesehatan RI, ketersediaan darah untuk donor secara ideal adalah 2,5 persen dari jumlah penduduk. Sehingga dibutuhkan 4,9 juta kantong darah di Indonesia.

"Setiap 1 kantong darah bisa menyelamatkan tiga nyawa. Ini juga sebagai wujud syukur kami dan bentuk kepedulian nyata karena kepada sesama dan saling memberi manfaat," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Donor Darah

Ia menyebutkan, penelitian berjudul Cardiovascular risk in 159 934 frequent blood donors while addressing the healthy donor effect, yang terbit pada BMJ Journal menemukan bahwa wanita yang secara rutin mendonorkan darah akan lebih terlindungi secara jangka panjang terhadap penyakit kardiovaskular.

"Mendonorkan darah memiliki berbagai manfaat seperti menurunkan risiko penyakit kanker, membantu menurunkan berat badan, mendeteksi penyakit serius, mengurangi penumpukan besi dan mineral dalam darah, menjaga kesehatan mental, dan meningkatkan produksi eritrosit baru," ucap Junaty.

"Karena melancarkan aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri sehingga mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88 persen," lanjutnya Junaty.

Jutany mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bergabung, semoga kegiatan ini bisa membantu PMI dalam menyediakan kantong darah secara nasional dan membantu menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan.

"Kami juga berharap kegiatan ini bisa semakin mengukuhkan komitmen kami untuk terus berperan aktif dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini