Sukses

Baju Putih Para Tokoh Politik Saat Nyoblos di TPS

Tokoh-tokoh berikut ini datang ke tempat pemilihan suara menggunakan busana dengan warna yang sama yaitu warna putih.

Liputan6.com, Jakarta Batas waktu pemilihan umum untuk memilih calon legislatif yang berlangsung Rabu (9/4/2014) telah usai pk. 13.00 WIB. Sejumlah capres dari berbagai partai peserta pemilu pun tak lupa datang ke tempat pemungutan suara untuk memberikan suaranya.

Tanpa disadari, terjadi hal yang menarik di antara para capres yang datang ke tempat pemungutan suara yang ada di sekitar tempat kediaman mereka. Sengaja atau tak disengaja, mereka mengenakan busana dengan warna yang sama yaitu busana warna putih ketika menyambangi TPS mereka masing-masing.

Siapa sajakah capres yang kompak mengenakan busana warna putih ketika waktu pencoblosan Rabu (9/4/2014), berikut laporannya dari tim liputan6.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Prabowo Subianto

Prabowo Subianto

Capres dari partai Gerindra ini melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Seperti pantauan Liputan6.com, saat itu Prabowo mengenakan kemeja putih, peci berwarna hitam dan kacamata hitam. Saat itu ia datang didampingi Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Fadli Zon di bawah pengawalan sejumlah polisi.

3 dari 11 halaman

Surya Paloh

Surya Paloh

Capres lainnya yang mengenakan busana warna putih saat datang ke TPS adalah Surya Paloh. Ketua Umum Partai Nasional Demokrat ini ditemani sang istri Rosita Barack Surya Paloh menuju lokasi pemungutan suara yang terletak di TPS 01, Jalan Limo Kompleks Antam 4, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, pada Rabu (9/4/2014) pukul 09.00 WIB.

Surya Paloh mengenakan pakaian kemeja putih, dipadu dengan celana bahan hitam serta sepatu pantovel hitam. Dengan kopiah berwarna hitam menghiasi kepalanya.

Sedangkan istrinya, Rosita, tampak nyentrik dengan rambut dicat berwarna biru, lambang warna kebesaran Partai Nasdem. Serta mengenakan kostum bernuansa serupa dengan suaminya.

4 dari 11 halaman

Jokowi

Joko Widodo

Gubernur DKI Jakarta sekaligus Capres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini menggunakan hak suaranya di TPS 27, Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat. Saat itu Jokowi didampingi sang istri, Iriana tampak kompak mengenakan kemeja putih dan celana jeans biru. 

Pada kesempatan yang sama, Jokowi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga dan mengawasi surat suara pasca pencoblosan.

"Saya ingin menyampaikan seruan 'Merdeka!' kepada rakyat. Nyalakan kembali bentuk perjuangan dan menyatukan diri lengan-lengan perjuangan untuk menyukseskan perjuangan PDIP," ujar Jokowi.

5 dari 11 halaman

Wiranto

Wiranto

Ketua Umum Partai Hanura pada pemilu caleg hari ini memberikan hak suaranya di TPS 10 Bambu Apus, Jakarta Timur. Saat mendatangi TPS, mantan Menteri Pertahanan ini mengenakan kemeja lengan pendek warna putih.

Saat ditemui awak media ditempatnya mencoblos, Wiranto menyampaikan harapannya terhadap pemilu tahun ini.

"Jangan sampai kita dapat pemimpin dengan hasil rekayasa yang tidak jujur. Karena yang rugi adalah rakyat sendiri," ungkap Wiranto usai mencoblos.

6 dari 11 halaman

Anis Matta

Anis Matta

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Anis Matta menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 041, Jalan Duren, Utan Kayu, Jakarta Timur.

Setelah melaksanakan pencoblosan, Anis yang mengenakan kemeja putih ini memilih menuju ke kantor DPP PKS di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Di sana, Anis akan menyaksikan langsung proses quick count atau hitung cepat hasil Pileg yang digelar partainya.

"Setelah ini kita langsung ke DPP (PKS) untuk memantau quick count," kata Anis Matta.

7 dari 11 halaman

Muhaimin Iskandar

Muhaimin Iskandar

Capres lainnya yang mengenakan busana berwarna putih adalah Muhaimin Iskandar. Ketua Umum PKB tersebut mencoblos di Kemang Selatan 12, Jakarta Selatan.

Usai mencoblos, Muhaimin pun menyatakan rencananya untuk melakukan koalisi dengan beberapa partai besar. Ia mengaku Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengaku sudah bertemu calon presiden (capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Joko Widodo atau Jokowi. Selain itu, juga dengan capres dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto.

"Ketemunya kemarin. Komunikasi dengan semua partai intens," kata Muhaimin.

8 dari 11 halaman

Dahlan Iskan

Dahlan Iskan 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan hari ini telah menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu Legislatif di TPS 25, Jalan Ketintang Baru Selatan, Kelurahan Ketintang, Kecamatan Gayungan, Surabaya.

Mantan Bos PT PLN (Persero) yang mengenakan kemeja putih tersebut sudah berada di lokasi pencoblosan yang hanya berjarak 100 meter dari rumahnya. Capres dari Konvensi Partai Demokrat ini bersama sang istri tiba di lokasi TPS tepat pada pukul 07.00 WIB.

9 dari 11 halaman

Hatta Rajasa

Hatta Rajasa

Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa pada kesempatan pemilu calon legislatif tahun ini mencoblos di kampung halamannya di Palembang, Rabu (9/4/2014). Berbeda dengan capres-capres lainnya yang mengenakan busana warna putih, Hatta Rajasa saat itu mengenakan kemeja dengan lengan panjang dan bermotif batik.

Ia pun sempat menyatakan keoptimisannya akan pemilu tahun ini, bahwa partainya optimis meraih 60 kursi dalam pemilu legislatif.

"Saya optimis PAN Raih 60 kursi di DPR," kata Hatta usai pencoblosan di TPS No 1 Desa Jejawi, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan.

10 dari 11 halaman

Gita Wirjawan

 Gita Wirjawan

Salah satu peserta Konvensi Calon Presiden dari Partai Demokrat, Gita Wirjawan tampak hadir menggunakan haknya di TPS 005, Jalan Setia Budi VIII, Jakarta Selatan.

Gita yang saat itu mengenakan kemeja bermotif batik berwarna campuran biru dan hijau ini datang ke TPS ditemani sang istri. Seusai mencoblos, Gita mengungkapkan rasa optimisme terhadap partainya yang berlambang bintang.

"Kalau politik secara rasional, masa 9,5 tahun pemerintah Pak SBY luar biasa. Secara rasional ke depan siapapun yang terbaik, untuk pemerintahan," ujarnya usai melakukan pencoblosan di TPS 005.

11 dari 11 halaman

Aburizal Bakrie

 Aburizal Bakrie

Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie bersama istri, Tatie Bakrie, menggunakan hak pilih di TPS 32, Menteng, Jakarta Pusat. Usai mencoblos di TPS 32, Ical menyampaikan harapannya. "Mudah-mudahan Indonesia lebih baik," kata Ical yang didampingi sang istri.

Mengenai perolehan suara yang bakal didapat Partai Golkar pada pemilihan legislatif tahun ini, Ical menargetkan di atas 20 persen. "22-23 persen. Mudah-mudahan itu benar," ucap Ical.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.