Sukses

Memperindah Kota dengan Taman Berbentuk Vertikal

Francesco Bollani, seorang arsitek dari Italia berhasil membuat taman vertikal untuk mengatasi keterbatasan lahan.

Liputan6.com, Milan Banyak cara yang ditempuh untuk memperindah tampilan sebuah kota. Salah satunya adalah dengan membuat ruang terbuka hijau atau taman bermain. Namun karena kendala terbatasnya lahan, hal di atas tersebut menjadi terhalang.

Seperti yang dilansir dari Dailymail, Kamis (8/5/2014), seorang arsitek bernama Francesco Bollani menciptakan taman dengan memanfaatkan dinding di sebuah mall. Ia menyiasati lahan terbatas tersebut untuk dijadikan sebuah ruang terbuka hijau.

"Kami butuh waktu sekitar satu tahun untuk menumbuhkan tanaman di dalam rumah kaca dan 90 hari untuk mendirikan dinding bagian depan bangunan ini,’ ucap Francesco Bollani.

Taman ini dibangun di sebuah mall di kota Razzano, Milan, Italia. Taman yang tumbuh secara vertikal ini memiliki luas 1.263 meter persegi dan ditumbuhi 44.000 tanaman.

Taman vertikal tak hanya berfungsi untuk memperindah kota dan tempat rekreasi saja, namum juga sebagai daerah resapan air dan penyediaan udara bersih.

Seain itu, taman ini juga bisa sebagai pengatur suhu di dalam pusat perbelanjaan dengan cara mengurangi sinar matahari. Taman vertikal juga menjaga penggunaan energi, sebagai penyerap karbondioksida dan peredam suara.

Lebih lanjut, Taman Vertikal ini resmi didirikan pada tahun 2010 dan telah sukses mencatatkan rekor sebagai taman vertikal terbesar di dunia. (Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini